Sampah di TPA Sarimukti Sempat Tersendat, Begini Kata DLHK Kota Bandung

BANDUNG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dudy Prayudi mengklaim bahwa pembuangan sampah yang sempat tersendat karena gangguan di tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti kini sudah berjalan normal.

“Sebetulnya, sudah mulai dibuka lagi dan beroperasi lagi TPA Sarimukti kemarin di hari Minggu siang. Saat ini sudah menuju normal gitu, truk (kendaraan sampah) yang coba kita angkut sampah-sampah yang tertahan di TPS (tempat pembuangan sampah),” ucapnya saat dihubungi, Senin (8/11).

Diketahui sebelumnya, bahwa pembuangan sampah di Bandung Raya sempat terhambat ke TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Hal itu diduga karena keterlambatan pengiriman bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat di lokasi tersebut.

Maka dari itu, Dudi mengatakan, dengan adanya hal tersebut sebanyak 57 truk sampah pada Jumat (5/11) kemarin sempat menumpuk.

“Pokoknya dari Jum’at sampai Minggu pagi (pembuangan sampah tersendat). Kemarin ada 57 truk sih, hari Jumat kemarin,” ucapnya.

Dudi menambahkan bahwa pihaknya selalu rutin dan tidak pernah telat untuk membayar ke TPA Sarimukti.

“Bayar tipping fee setahun sekitar 31 miliar. Tiap bulan kita bayar, dibayar per bulan,” ujarnya.

Sementara itu, ia mengklaim bahwa tim dari DLHK Kota Bandung saat ini tengah menyisir untuk mengembalikan pembuangan sampah kedalam kondisi normal.

“Memang ada (sampah tersendat) di beberapa tempat. Tapi hari ini oleh teman-teman (tim DLHK) disisir lagi, jadi memang butuh waktu lah untuk normal,” tuturnya

(Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan