Siaga Banjir, Pemkot Bandung Akan Konsolidasi dengan Wilayah Sekitar

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersiaga menyikapi musim penghujan yang rawan menyebabkan banjir di Kota Bandung. Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengungkapkan, menghadapi musim penghujan ini, pihaknya akan melakukan beberapa rapat internal dengan wilayah lain terkait penanganan banjir.

“Kemarin sudah saya sampaikan langsung ke pak Asisten satu, terutama untuk mensikapi banjir yang berada di perbatasan seperti di Cimindi. Alhamdulillah saya sudah menyiapkan kepada pak Asisten bahwa dalam menghadapi musim penghujan ini, secepatnya kita harus adakan rapat-rapat konsolidasi dengan wilayah lain,” ujarnya saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Rabu (3/11).

Selain itu, Oded mengatakan bahwa pembahasan dalam menghadapi musim penghujan ini, pihaknya juga akan melakukan konsolidasi dengan Provinsi Jawa Barat.

“Jadi ini yang harus kita perhatikan. Jadi mudah-mudahan dengan adanya kebersamaan dari Pemerintah Provinsi juga, terutama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi, karena ini tidak bisa parsial dilakukan di Kota Bandung. Jadi ini harus ada kerjasama dengan wilayah lain,” ucapnya.

“Tapi dengan wilayah lain juga, itu harus ada yang mediasinya, yaitu dari Provinsi,” tambahnya

Maka dari itu, guna mengantisipasi terjadi kembali banjir di beberapa titik Kota Bandung, Oded mengatakan bahwa sudah meminta kepada DPU Kota Bandung untuk mempersiapkan antisipasinya.

“Saya terus minta kepada Dinas terkait terutama Dinas PU, untuk mempersiapkan ketika ada hujan, kita bersikap. Dan Alhamdulillah tadi pagi saya sudah tanya ke pak Didi Ruswandi (KadisPU), beliau sudah siap bersih-bersih di tempat yang terjadi banjir,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada saat hujan deras yang terjadi sejak kemarin (2/11) siang hingga malam hari, DPU Kota Bandung mencatat ada 17 titik area jalan dan pemukiman yang terendam banjir.

Dari 17 titik tersebut, terjadi di Jalan Kopo Citarip setinggi 10 cm, Pasirkoja tepatnya di depan Apotek Djaya setinggi 5 cm, Jalan Ibrahim Adjie dan Jalan Rumah Sakit simpang Soekarno Hatta setinggi 15 cm, Jalan Cingised depan Griya Caraka sampai Jalan Kav Geologi Barat setinggi 10 cm, dan 5 cm hingga 15 cm terjadi di Jalan Rumah Sakit, Jalan Rancabolang tepatnya di Jalan pasantren, Jalan Margacinta depan Bunga Bakung, Pasar Induk Gedebage dan Jalan Cikutra Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan