Peduli Kemajuan Pelaku UKM, Unpad dan UTama Jajaki Kerjasama

BANDUNG – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Bandung menjalin kerjasama dengan Universitas Widyatama (UTama) di bidang pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa menilai, UTama merupakan perguruan tinggi yang memiliki kepedulian tinggi tehadap kemajuan pelaku UKM.

Di mana, UTama saat ini telah membina sekitar 450 UKM. Para dosen dan mahasiswa UTama pun telah membuatkan website bagi pelaku UKM untuk memperluas jaringanya.

“Kini kerjasamanya lebih ke arah penajaman. Pendampingan bagi para UKM bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi khususnya UTama. Diharapakan para UKM teredukasi. Terutama dalam hal produk, kualitas produk, manajemen dan lain sebagainya,” kata Iwa usai menandatangani kerjasama dengan UTama di Ruang Seminar Kampus UTama, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Selasa (2/11).

Dikatakan Iwa, kerjasama tersebut menjadi momen yang tepat khususnya di masa pandemi. Kini pandemi Covid-19 menurutnya, kian berangsur membaik, sektor ekonomi pun terus bergerak positif.

“Karena sudah lama para UKM dan ekonomi terpuruk di saat pandemi. Mengajak UTama berkolaborasi bagaimana supaya UKM di Kota Bandung lebih menggeliat. Ini luar biasa dan bisa lebih dioptimalkan,” paparnya.

Tak hanya dengan Kadin, UTama juga menjalin kerjasama dengan Magister Manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam program Kampus Merdeka.

“Kami dengan UTama melakukan pertukaran dosen dan join converance,”  kata Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Riset, FEB Unpad Prof Dr Maman Setiawan, kemarin.

Dengan kerjasama tersebut, selain pertukaran dosen, kata Prof Maman juga bisa dikembangkan mahasiswa UTama mengambil beberapa mata kuliah di Unpad.

“Secara jumlah nantinya mengikuti siapa yang akan berpartisipasi di setiap angkatan. Akan dibicarakan saat nanti pelaksanaannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa dilakukannya kerjasama dengan UTama karena kedekatan antara kedua kampus tersebut. Di antaranya para dosen UTama banyak yang lulusan Unpad.

“Sebelum MoU ini kita juga sudah bekerja sama dengan UTama banyak dosen Unpad mengajar di UTama, ini untuk menformalkannya,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Rektor UTama Prof Dr Obsatar Sinaga menambahkan, kerjasama dengan Kadin Kota Bandung tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan UKM di Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan