Museum Geologi Bandung Telah Buka Kembali, Syarat Masuknya Harus Sudah Vaksin Dosis Dua

BANDUNG – Museum Geologi Bandung sudah dibuka kembali bagi masyarakat dimulai hari ini, Rabu (3/11). Pembukaan tersebut sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) terbaru nomor 103 tahun 2021 bagian kesebelas pasal 16.

Dalam Perwal tersebut tertulis bahwa sejumlah tempat wisata dan museum di Kota Bandung diizinkan buka kembali. Pasalnya Kota Bandung saat ini sudah masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Kepala Museum Geologi Iwan Kurniawan mengatakan, bahwa pembukaan museum Geologi dilakukan sesuai dengan intruksi yang terdapat dalam Perwal. Dengan itu, kata dia, langsung dilakukan pembukaan untuk masyarakat umum.

“Ini didasari dengan Perwal Wali Kota Bandung nomor 103 tahun 2021 pasal 16 yang mengizinkan museum dibuka untuk umum. Dasar ini pun disampaikan langsung ke kepala badan Geologi, yang mana beliau menyutujui pembukaan museum untuk umum,” ujar Iwan saat ditemui di Museum Geologi Bandung, Rabu (3/11).

Pihaknya menjelaskan mengenai Protokol Kesehatan (prokes) sudah diterapkan sejak jauh-jauh hari. Dengan itu, kata dia, pihak museum Geologi siap untuk menerima pengunjung yang datang.

“Untuk prokes sebenarnya kita sudah mempersiapka segalanya dari jauh-jauh hari. Bahkan saat ini sudah di evaluasi lagi, dan insyaallah untuk prokes kita siap untuk melayani pengunjung secara umum,” jelasnya.

Pihaknya menuturkan bahwa pengunjung yang datang ke museum masih dibatasi. Kata dia, pengunjung yang datang saat ini dibatasi hanya 10 persen.

“Kalau kita lihat dari pengunjung normal (sebelum pandemi), itu per hari sekitar 3.000 orang. Dengan situasi sekarang kita mencoba dulu dengan 10 persennya artinya 300 per hari,” katanya.

Iwan mengungkapkan dari angka 300 pengunjung itu dibagi per sesi 20 orang dengan batas waktu 15 menit. Apalagi kata dia, dalam sepekan Museum Geologi hanya dibuka selama lima hari.

“Senin dan Jumat libur, itu sambil kita berjalan. Yang mana museum buka dari jam 10.00 WIB sampai jam 14.00 WIB. Tapi secara reservasi kita stop di jam 13.00 WIB, melayani sampai jam 14.00 WIB,” jelasnya.

Menurut Iwan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke museum Geologi harus wajib vaksin Covid-19 dengan dosis dua. Kata dia, yang harus menjadi prioritas adalah anak-anak dengan di bawah bimbingan orang tua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan