Resmi Dikukuhkan, ICMI Muda Kabupaten Indramayu Harus Lahirkan Ide dan Gagasan untuk Pembangunan Daerah

INDRAMAYU – Jajaran pengurus Majelis Pimpinan Daerah (MPD) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI Muda) Wilayah Indramayu Resmi dilantik di Auditoriun Kampus Universitas Wiralodra pada Minggu, (31/10).

Ketua ICMI Muda Jawa Barat Cucu Sukmana, ST, MM menuturkan, dalam kiprahnya ICMI Muda selalu memberikan kontribusi pemikiran untuk pembangunan. Khususnya mengajak para intelektual muda untuk berkiprah memajukan daerah.

‘’ICMI Muda itu memiliki peran penting dalam membangun sumberdaya manusia di wilayahnya melui pemikiran dan kecendikiaannya,’’kata Cucu ketika ditemui di Bandung, Selasa, (2/10)

Menurutnya, dengan dilantiknya ICMI Muda Kabupaten Indramayu diharpkan harus menjadi solusi dengan berperan sebagai kapasitator untuk pembangunan.

ICMI Muda Indramayu harus selalu hadir di tengah masyarakat untuk membantu mewujudkan keinginan warga ketika membutuhkan solusi.

melalui pemikiran pemikiranya secara Prinsip ICMI Muda Kabupaten Indramayu harus melahirkan tokoh, bukan mencari tokoh.

Dengan begitu, mencetak tokoh tokoh yang berasal dari daerah akan membawa semangan motivasi dan inspirasi bagi generasi muda.

Cucu menuturkan ICMI Muda juga harus menjalin sinergitas dengan pemerintahan daerah dengan memberikan ide dan gagasan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru melalui buah pemikirannya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hilal Hilmawan yang turut hadir dalam acara itu mengapresiasi dengan terbentuknya kepengurusan ICMI Muda Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, ranah ICMI muda berada di ruang pemikiran. Sehingga wawasan dan pengetahuan harus terus ditingkatkan.

ICMI Muda juga harus memberikan konsep dan analisa yang nantinya bisa melahirkan solusi. Sebab, peran sosial society memiliki tiga peran. Di antataranya, fungsi pemberdayaan, fungsi kontroling dan fungsi advokasi.

‘’Fungsi kontroling ini harus memberikan solusi dengan memberikan masukan kepada pemerintah dengan pemikiran-pemikirannya,’’kata dia.

Selain itu, Politisi Muda dari Indramayu ini meminta kepada pengurus ICMI Muda harus mulai bergerak dengan membuat berbagai kegiatan-kegiatan yang diisi dengan ruang diskusi, Forum Diskusi Grup maupun aktivitas sosial di tengah masyarakat.

‘’Ini dalam rangka kapasitas ICMI Muda akan terus terasah dan wawasan pun semakin bertambah, terlebih ’’harap Hilal.

Sementara itu, Ketua terpilih MPD ICMI Muda Kabupaten Indramayu Dikdik Himawan mengatakan, setelah terbentuk kepengurusan, pihaknya akan segera membuat program-program yang sebelumnya sudah direncanakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan