oleh

Simulcast, Sarana Publik Berkenalan dengan Siaran TV Digital

Jakarta. Peralihan siaran TV Analog ke siaran TV Digital sudah berjalan. Dalam proses perpindahan ini, ada yang disebut simulcast, yaitu lembaga penyiaran dapat bersiaran secara digital tanpa menghentikan siaran analog. Siaran TV Analog dan TV Digital berjalan bersama sehingga masyarakat bisa menonton, baik siaran TV Analog maupun TV Digital.  

Dalam sosialisasi tentang siaran TV Digital pada Juni lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menegaskan bahwa siaran simulcast bisa menjadi sarana bagi masyarakat untuk berkenalan dengan siaran TV Digital.

Baca Juga:  Konten Berkualitas adalah Kunci di Era Penyiaran Digital

“Hal ini (simulcast) tentunya untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan dan manfaat dari siaran digital yang kualitasnya lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih,” demikian disampaikan Menkominfo.

Sejalan dengan Menkominfo, Plt. Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Dr. Ismail juga mendorong agar masyarakat mencoba siaran TV Digital. Hal itu diungkapkan dalam dialog interaktif di salah satu stasiun TV swasta, Jumat, (13/08/2021).

“Di seluruh ibukota provinsi siaran TV Digital ini sudah beroperasi. Silakan dicoba,” kata Dr. Ismail.

Dr. Ismail juga menjelaskan agar masyarakat yang mencoba siaran TV digital bisa merasakan bagaimana perbedaan dengan siaran TV Analog. Sehingga pada saat tahap pengakhiran siaran analog datang, masyarakat sudah terbiasa menonton siaran TV Digital. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga