Desa Cikandang Miliki Potesnsi Alam yang Dapat Dijadikan Obyek Wisata

GARUT – Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut memiliki potensi wisata alam yang masih asri dan alami.

Jajaran hutan pinus dan danau yang dimiliki di Desa Cikandang sebetulanya memiliki potensi jika  yang dikembangkan untuk menjadi desa wisata. Terlebih di desa ini juga banyak terdapat situs bersejarah pada areal perkebunan teh peninggalan zaman kolonial belanda.

Kepala Desa Cikandang Yana Sofyana mengatakan,  panorama nuansa alam yang ada di Desa Cikandang  sebetulnya memiliki nilai jual untuk dijadikan obyek wisata alam.

Selain itu Desa Cikandang juga terkenal dengan kebudayaan lomba ketangkasan Domba Garut. Banyak sekali peternak Domba asli Garut di Desa Cikandang.

‘’Ini potensi desa yang menjanjikan, nanti secara ertahap akan kita kelola, untuk dijadikan wisata,’’kata Yana kepada Jabareskprs belum lama ini.

Dia menilai, selain memiliki sumber air, danau dan air terjun, wisata alam di desa Cikandang saat ini belum banyak diketahu orang banyak. Sehingga, perlu promosi.

Yana menuturkan, sejauh ini untuk obyek-obyek wisata yang ada di desa Cikandang masih digarap secara swadaya oleh warga desa.

Sedangkan untuk lahan wisata yang ada di Desa Cikandang  sebagian besar dimiliki oleh Perhutani. Sehingga perlu koordinasi dan kerjasama dengan pihak desa, agar obyek wisata itu terkelola dengan baik.

Warga desa sendiri sebetulnya sangat antusian jika Desa Cikandang mengembangkan wisata. Bahkan pihaknya sudah sepakat agar rencana ini segera ditindak lanjuti.

‘’Karena lahan tersebut kepemilikan Perhutani, pihaknya sudah ajukan agar Perhutani memberikan izin. intinya kerja sama dengan Perhutani,’’kata Yana.

Untuk pengelolaan wisata, nantinya akan dikelola oleh lembaga desa atau BUMDes. Sehingga, harapannya dapat memberikan kontribusi untuk pendapatan desa.

Pengembangan obyek wisata di Desa Cikandang juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian warga desa.

Masyarakat juga bisa membuka usaha di lokasi obyek wisata atau membuat cinderamata khas desa Cikandang yang terkenal dengan domba Garutnya itu.

‘’Harapannya Pemkab Garut dapat men suport, rencana pengembangan desa wisata ini, agar pemberdayaan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik,’’pungkas Yana. (fit/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan