Anak Mulai Menyukai Lawan Jenis? Ini yang Orangtua Harus Lakukan

Ceritakan Sisi Menginspirasi Idola ke Anak

Laurencia Ika Wahyuningrum selaku konselor anak dan remaja menuturkan, biasanya jika anak belum masuk masa puber, tapi sudah menyatakan suka dengan lawan jenis, pasti itu tidak serius. Masih main-main. Menurut dia, orang tua tidak perlu risau.

Misalnya, anak usia 6 tahun. Kemudian, anak nonton salah satu figur publik di televisi atau media sosial. Lalu, anak menyatakan dirinya suka.

’’Aku suka sama si itu, Ma atau Ayah. Coba mama atau ayahnya tanya, kenapa kok suka, Dek?” katanya kemarin.

Ika menambahkan, orang tua bisa menceritakan background idola anak tersebut. Anak ternyata suka Jungkook BTS. Parents perlu tahu dulu Jungkook siapa, kemudian latar belakangnya bagaimana. Ceritakan sisi kehidupan Jungkook yang bisa menginspirasi anak. Itu lebih bagus.

Terpisah, Deny Suksesti meledek begitu tahu buah hatinya, Nabila Calisya, mulai menyukai lawan jenis. Dia menuturkan, tanda-tanda anak mulai menyukai lawan jenis dilihat ketika anaknya senyum sendiri sambil membalas pesan di gawai.

Saat ini Nabila berusia 16 tahun. Menurut Deny, saat puber, wajar anak mulai suka lawan jenis. Dia tidak melarang. Boleh-boleh saja dan sah-sah saja.

’’Asal kita pantau dan arahkan dengan rambu-rambu. Biasanya, di usia 15 tahun, anak sudah suka ala cinta monyet begitu. Yang cuman sekadar eh ini ganteng loh, eh ini cantik loh,” katanya.

Mommy yang berulang tahun setiap 25 Desember itu berpesan kepada orang tua agar mengarahkan dan memberikan batasan-batasan. Rangkul anak-anak seperti teman. Sebab, anak pasti butuh teman curhat. Buat anak nyaman ke orang tua untuk lebih terbuka cerita. ’’Sebab, masa remaja anak adalah masa terindah. Jadi, jangan sampai terlewatkan oleh kita sebagai orang tua untuk membersamai cerita indah dan sedih anak,” ungkapnya.

Intinya, lanjut perempuan yang hobi touring itu, jangan nge-judge atau marah. Orang tua bisa berbagi pengalaman-pengalaman seru dari masa muda. Tentunya, yang bisa menginspirasi anak.

MA-PA, INI TANDA ANAK MULAI SUKA DENGAN LAWAN JENIS

Nah, respons apa yang harus ditunjukkan parents saat anak bilang suka sama seseorang? Hehe… Lalu, apa saja tanda-tanda anak mulai suka dengan lawan jenis?

Tinggalkan Balasan