oleh

Balitbangtan Hasilkan Inovasi Nanocoating untuk Buah Mangga

BOGOR – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian menghasilkan sejumlah penemuan dan inovasi terkini soal teknologi pengolahan hasil pertanian.

Kepala Balitbangtan Kementerian Pertanian Fadjry Djufri, di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, mengatakan hal itu pada “3rd International Conference on Agricultural Postharvest Handling and Processing” (ICAPHP) secara hybrid pada 12-13 Oktober 2021.

Menurut Fadjri Djufri, penemuan (invensi) dan inovasi yang merupakan langkah terobosan tersebut, dilakukan untuk merespons dinamika dan tuntutan global di bidang pertanian dan pangan.

Baca Juga:  Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh, Juga Bagus Untuk Diet

“Karena, penguasaan dan penerapan teknologi merupakan kunci daya saing sektor pertanian saat ini dan ke depan,” katanya.

Fadjry mencontohkan Balitbangtan telah mengembangkan teknologi nanocoating berbasis bees wax yang dapat memperpanjang umur simpan buah mangga tujuan ekspor, dari enam sampai delapan hari pada kondisi normal menjadi 28 hari setelah diberi perlakuan.

Kemudian soal digitalisasi, otomasi, dan penerapan kecerdasan buatan, katanya, mampu memberikan lompatan efisiensi dan daya saing menuju pertanian maju, mandiri, dan modern.

Baca Juga:  Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh, Juga Bagus Untuk Diet

Balitbangtan juga mengembangkan sejumlah inovasi pintar seperti perangkat deteksi cepat mutu beras dan kontaminasi aflatoksin pada produk pertanian berbasis artificial intelligence.

Menurut Fadjry, hal ini jelas menunjukkan penerapan teknologi tidak hanya dapat memperluas pasar, meningkatkan keuntungan, tetapi juga mengurangi potensi kehilangan hasil dan limbah pangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga