oleh

Telan Anggaran Rp 1,3 Triliun Bendungan Cipanas Cikedung Jebol, Dewan Jabar Langsung Sidak

INDRAMAYU – Rombongan Komisi  IV DPRD Jabar melakukan kujungan kerja dengan memantau bendungan Cipana I dan II yang berada di Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau progres perbaikan yang dikabarkan telah jebol akibat curah hujan tinggi.

Anggota Komisi IV Daddy Rohanady mengatakan, Bendungan Cipanas I dan II di Kecamatan Cikedung nilai investasinya telah menghabiskan anggaran Rp 1.3 triliun yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN).

Baca Juga:  APBD Perubahan 2021 Jabar Mengalami Penurunan Rp 5,22 Triliun

‘’Jadi kami datang untuk merespons laporan masyarakat terkait Sungai Cipanas, khususnya di DI Cipanas II yang jebol beberapa waktu lalu,’’kata Daddy ketika dihubungi Jabarekspres.com, Rabu, (13/ 10)

Bendungan Cipanas sendiri berlokasi di dua wilayah yaitu Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu.

Bendungan mulai konstruksi pada tahun 2018 dan diharapkan beroperasi pada tahun 2023. Kapasitas bendungan 850 meter kubik per detik.

Untuk lahan terairi diperkirakan 10.500 ha. Bendungan itu akan mengurang banjir 475 m3/detik. Pasokan air baku bendungan itu0,5 m3/detik.

Baca Juga:  Turburlensi APBD Jabar 2022

Adapun listrik yang dihasilkan dari bendungan ini adalah 2,5 MW. Luas genangannya 1.315 ha dengan Daya tampung 250 juta m3.

Untuk penanganan tanggul yang jebol didanai APBN senilai Rp 9 miliar di DI Cipanas II. Sawah terdampak ketika banjir seluas sekitar 1.000 ha.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga