Mampu Tekan Kasus Covid, Ini Rahasia Tapos Hingga Nol Persen

DEPOK – Selang satu minggu terakhir, beberapa wilayah di Kota Depok mencatatkan rekor positif dalam hal penanganan pandemi Covid-19.

Sebut saja Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan yang sejak Senin lalu telah mencatatkan nol kasus Covid-19. Padahal, jauh sebelum itu, wilayah tersebut menjadi langganan kasus konfirmasi positif Covid-19.

Meski begitu, kabar baik juga dialami Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos. Pasalnya, wilayah tersebut kini mulai mencatatkan nol kasus Covid-19 setelah beberapa hari terakhir jumlah kasusnya terus berkurang.

Terkait hal tersebut, Lurah Tapos, Soleh pun akhirnya membeberkan rahasia penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Dia mengatakan, keberhasilan Kelurahan Tapos dalam menekan laju postif Covid-19 tidak terlepas dari kerja sama seluruh elemen masyarakat.

“Semua pencapaian ini merupakan wujud partisipasi dan komitmen seluruh warga. Jadi, bukan keberhasilan orang-orang tertentu. Semua elemen masyarakat terlibat dalam pencegahan penularan virus sejak awal hingga sekarang,” kata Soleh, Rabu (13/10).

Menurutnya, warga setempat sangat mematuhi protokol kesehatan. Kalau ada warga yang kedapatan melanggar, maka yang lain, kata dia, langsung menegur yang bersangkutan dan mengingatkan agar bersama-sama mencegah penularan virus corona di wilayahnya.

“Alhamdulillahnya warga sini saling mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Ketika ada yang tidak patuh, maka tugas yang lain adalah mengingatkan,” bebernya.

Di samping itu, kesadaran vaksinasi juga lanjut dia menjadi tolok ukur keberhasilan Tapos menurunkan grade kasus menjadi nol kasus.

“Warga sangat antusias menjalani vaksinasi sebagai upaya penangkalan serangan Covid-19,” paparnya.

Lanjut dia, jumlah persentase warga setempat yang sudah melakukan vaksinasi mendekati 100 persen. Utamanya yang telah menjalani vaksin dosis satu jumlahnya mencapai 82,30 persen.

“Mayoritas warga sini sudah menjalani vaksinasi dosis pertama. Beberapa waktu lalu angkanya sudah menyentuh 82 persen lebih. Sekarang mungkin jumlahnya sudah mencapai 90 persen yang sudah ikut vaksin dosis satu,” tandasnya.

Dengan demikian menurut Soleh, kunci keberhasilan menekan kasus Covid-19 di wilayahnya menjadi nol persen kasus, lantaran adanya kesadaran bersama untuk menaati prokes Covid-19 dan berpartisipasi penuh dalam proses vaksinasi. (Mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan