Ribuan Pelamar Berebut jadi Abdi Negara di Cimahi

CIMAHI – Sebanyak 2.450 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Cimahi menjalani tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Ribuan pelamar yang ikut tahapan SKD sudah dinyatakan lolos tahapan seleksi administrasi sebelumnya.

Pelaksanaan tahapan SKD digelar di dua tempat, yakni di lingkungan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebanyak 234 orang dan di Kampus Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor sebanyak 2.216 orang.

Tahapan SKD berlangsung dari 12-14 Oktober mendatang. Pada hari pertama pelaksanaan seleksi ini, Pelaksanaan Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana hadir langsung memberikan dukungan kepada para peserta.

“Hari ini saya mengecek langsung pelaksanaan seleksi CPNS yang ada di Unpad,” kata Ngatiyana pada Selasa (12/10).

Dirinya berharap para peserta yang mengikuti seleksi untuk menjadi abdi negara ini banyak yang lolos. Ngatiyana meminta para peserta percaya diri akan kemampuannya masing-masing.

“Dengan percaya diri pada kemampuan kita, Mudah-mudahan banyak yang lulus bisa menjadi CPNS nantinya,” ujar Ngatiyana.

Para peserta CPNS yang memenuhi passing grade saat SKD nantinya akan mengikuti tahapan berikutnya berupa Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Peserta yang lolos sesuai formasi nantinya akan memiliki status CPNS maksimal dua tahun.

Setelah itu, kata Ngatiyana, akan diberikan pendidikan dan pelatihan pra jabatan. Sebab sesuai dengan peraturan yang berlaku status CPNS adalah masa percobaan untuk bisa diangkat menjadi PNS atau ASN secara penuh.

“Selain kami juga akan menilai kinerja, perilaku dan juga kondisi fisik dari setiap personil sebagai bahan pertimbangan untuk diangkat menjadi PNS. Untuk itu tunjukan kinerja, perilaku dan juga kondisi fisik dan kesehatan yang baik,” imbuh Ngatiyana. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan