oleh

Pemkot Depok Bakal Rampungkan SPBE hingga 2026

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah merampungkan kesiapan sistem layanan berbasis online yang jamak dikenal dengan sebutan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

SPBE sendiri merupakan sebuah inovasi terbaru sistem pelayanan di lingkungan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Di Kota Depok sendiri, jauh sebelum SPBE ini dikenalkan sudah lebih dulu menerapkan sistem layanan berbasis elektronik atau yang dineri nama E-Government.

Seperti dinyatakan Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Diskominfo Kota Depok, Mohamad Fahrizal bahwa sejak 2017, Pemkot Depok sejatinya telah menerapkan SPBE namun dengan nama yang berbeda alias E-Gobernment.

Baca Juga:  Wali Kota Depok Harap Dekranasda Bantu Dorong Perekonomian

“Dalam implementasinya, Pemkot Depok sejak 2017 sudah menerapkan yang namanya SPBE. Akan tetapi, bukan bernama SPBE melainkan E-Government,” ujarnya, Selasa (12/10).

Lantas apa yang membedakan kedua sistem ini hanya pada sisi keimlntegrasian layanan informasi. Dengan kata lain, jika sebelumnya, E-Goverment cenderung mengaplikasikan sistem layanan berdasarkan Perangkat Daerah (PD) masing-masing (sektoral), maka pada SPBE ini diharapkan semuanya berpusat pada satu layanan yang lebih terintegrasi.

Baca Juga:  Uji Coba Ganjil Genap, Pemkot Depok Berkoordinasi dengan Polrestro

“Untuk SPBE ini akan berada di bawah kendali dan tanggung jawab Diskominfo. Jadi, masing-maisng PD diharuskan untuk mengajukan permohonan apabila ingin membuat atau mengembangkan aplikasi. Tujuannya agar pelayanan berbasis elektronik ini dilakukan secara terintegrasi,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga