Pecinta Offroad Wajib Lakukan Ini, untuk Jaga Performa Kendaraan

Pengecekan ban tidak hanya cukup ketika Anda akan melakukan offroad. Perawatan ban beserta area di sekitarnya juga perlu Anda lakukan setelahnya.

Anda bisa melepas ban mobil sesaat setelah melakukan offroad. Bersihkan ban bagian dalam dan velg. Saat ban sedang dibersihkan, teteskan busa shampo mobil di area bibir velg.

Ini harus Anda lakukan untuk mengidentifikasi adanya potensi kebocoran tekanan angin pada ban mobil akibat partikel kerikil yang ditemui di track.

Periksa Bagian Rem

Selain ban, perawatan bagian rem juga tidak bisa diabaikan. Meskipun tidak memerlukan pemeriksaan secara intens, namun rem memiliki peranan penting agar kinerja mobil tetap optimal ketika berada di track. Pastikan untuk memantau kebersihan sistem rem secara berkala.

Perawatan terhadap sistem rem pada mobil offroad juga harus dilakukan sesaat setelah mobil digunakan. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat kondisi medan track yang berlumpur memungkinkan bagian rem menjadi bagian yang rentan terkena kotoran.

Anda bisa menggunakan bantuan tenaga ahli untuk memantau kondisi rem pada mobil offroad, agar penanganan yang dilakukan lebih tepat.

Periksa Bagian Mesin

Bagian yang paling penting untuk diperiksa sesaat setelah melakukan offroad adalah mesin. Mesin memanglah sebuah inti dari sebuah kendaraan.

Oleh karena itu, haram hukumnya bagi Anda untuk mengabaikan perawatan mesin, terlebih setelah mobil digunakan.

Langkah awal memeriksa mesin sesaat setelah digunakan adalah periksa bagian dinamo starter dan alternator. Bukan tanpa alasan, kedua benda ini umumnya merupakan bagian yang paling rawan mengalami kerusakan, apabila tidak segera dibersihkan setelah digunakan untuk offroad.

Anda bisa membongkar bagian tersebut dan bersihkan menggunakan kompresor, diselingi dengan penyemprotan cairan silikon.

Penggunaan cairan silikon difungsikan untuk mencegah karat, termasuk pada bagian yang sering digerakkan, seperti kap mesin dan engsel pintu.

Cek Filter Udara dan Cairan Pelumas

Bagian yang tidak kalah penting dan tidak boleh luput dari pengawasan Anda adalah perawatan filter udara dan cairan pelumas pada mobil offroad kesayangan.

Mengecek kondisi cairan pelumas merupakan hal yang umum dilakukan oleh pemilik mobil jenis apapun. Pada mobil jenis SUV yang digunakan untuk offroad.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan