Pasca Bentrokan Ormas, Ini yang Dilakukan Polsek Cimanggung Demi Kamtibmas

SUMEDANG – Pasca bentrokan antar dua Organisasi Masyarakat (Ormas) di Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung dampaknya masih terasa.

Pasalnya, becermin kepada peristiwa tersebut, Polsek Cimanggung tingkatkan pengawasan melalui patroli kewilayahan sebagai bentuk antisipasi pergerakan yang dapat memicu kerusuhan.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolsek Cimanggung, Kompol Herdis Suhardiman. Dia menyampaikan, pengawasan terhadap Ormas pun dilakukan.

“Berikan instruksi pemahaman. Kita berkomunikasi dengan Ormas-ormas di Cimanggung,” kata Herdis kepada Jabar Ekspres di ruang kerjanya, Sabtu (2/10).

Herdis berujar, di wilayah Kecamatan Cimanggung sampai sekarang tercatat ada empat Ormas yang cukup ternama dan memiliki kantor sekretariat.

“Di Cimanggung ada empat Ormas. Manggala, BBC, PP dan GMBI. Kita datangi mereka dan berikan pemahaman,” pungkasnya.

Dalam pemaparannya, Herdis menuturkan untuk saat ini, pasca bentrokan yang terjadi di wilayah kabupaten tetangga itu daerah Cimanggung terbilang kondusif.

“Tindak kriminalitas di Cimanggung terbilang kondusif, karena setiap ketua Ormas kita komunikasi,” ucap Herdis.

“Alhamdulillah gak ada tindakan-tindakan yang dapat memicu kerusuhan atau bentrokan,” tambahnya.

Herdis menjelaskan, demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, jajaran Polsek Cimanggung juga berjaga di proyek perbaikan jalan penghubung dua kecamatan.

“Proyek yang Cicabe-Cisempur (Cimanggung sampai Jatinangor) itu kita lakukan pengamanan. Tujuannya supaya pekerjaan proyek terus berjalan, tidak ada oknum-oknum yang mengganggu,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan