oleh

Pantau Kekambuhan Kanker Tiroid Melalui Raba Leher

JAKARTA – Mereka yang telah menjalani pengobatan kanker tiroid, perlu tetap memantau kondisi setidaknya 6-12 bulan sekali selama 2 tahun pertama dan pemantauan ini bisa berupa rutin meraba leher setiap bangun tidur demi mendeteksi kekambuhan yang bisa muncul.

Spesialis kedokteran nuklir dari Universitas Padjadjaran, dr. Ryan Yudistiro, SpKN(K) Ph.D, FANMB mengatakan, kekambuhan dan kemungkinan penyebaran biasanya dimulai dari leher, sehingga meraba leher menjadi rekomendasi. Kanker tiroid umumnya menyerang kelenjar tiroid yang terletak tepatnya di bawah jakun, berbentuk seperti perisai. Kelenjar ini berfungsi mengatur metabolisme tubuh dan fungsi lainnya seperti suhu.

“Kita lihat ada kekambuhan atau tidak, ada penyebaran kelenjar getah bening di leher atau tidak karena pertama kali kanker tiroid itu kambuh atau menyebar itu mulai di leher. Coba setiap bangun tidur, raba leher apakah ada benjolan baru atau tidak,” ujar dia dalam webinar yang diselenggarapan Vipmed Specialist Team bertajuk “Kanker Tiroid Sudah Menyebar, Harus Bagaimana?”, ditulis Kamis (30/9).

Bila benjolan ditemukan, maka pasien perlu berkonsultasi pada dokter yang merawatnya. Selanjutnya, dokter umumnya meminta pasien melakukan pemeriksaan USG leher dan pemeriksaan laboratorium seperti TSH, tiroglobulin antigen sebagai penanda tumor dan tiroglobulin antibodi dan whole body scan bila diperlukan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga