Bupati Bandung Sebut BBWS Penanggung Jawab Normalisasi Sungai

CIKANCUNG – Dalam mengatasi persoalan banjir, Bupati Bandung, Dadang Supriatna melakukan normalisasi sungai.

Diketahui, masalah banjir di Kabupaten Bandung terutama untuk wilayah-wilayah seperti Kecamatan Rancaekek, Baleendah terbilang hal klasik karena kerap menjadi langganan banjir.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Bandung mensiasati masalah banjir dengan cara berkolaborasi bersama berbagai pihak baik perusahaan juga masyarakat.

Menurutnya, mengatasi persoalan banjir atau masalah lingkungan menjadi pekerjaan bersama dalam menemukan titik terang.

“Normalisasi sungai ini seperti swadaya, gotong royong,” pungkas Dadang kepada Jabar Ekspres di Desa Ciluluk, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung pada Kamis (30/9).

Dadang menerangkan, wajar apabila penerapan normalisasi sungai belum maksimal karena penanganan tersebut dilakukan secara swadaya alias mandiri gabungan antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat.

“Bekerja sama dengan perusahaan dan masyarakat sekitar, sehingga kalau belum maksimal wajar, karena kita hanya mengandalkan swadaya,” pungkasnya.

Dalam pemaparannya, Dadang menuturkan, untuk penerapan normalisasi sungai sejatinya merupakan tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Dan kalau kita mau plintir, bahwa ini merupakan tanggung jawab BBWS,” imbuh Dadang.

Dia melanjutkan, karena normalisasi sungai merupakan kebutuhan masyarakat maka pihaknya sengaja mengambil langkah dengan cara gotong royong. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan