oleh

Puluhan Transgender di Cimahi Sudah Kantongi KTP-el

CIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menerbitkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi kelompok warga transgender. Penerbitan KTP-el dilakukan untuk menghilangkan praktik diskriminasi dalam pelayanan publik.

Berdasarkan data yang didapat Disdukcapil Kota Cimahi, jumlah transgender di Kota Cimahi mencapai 64 orang. Namun yang sudah diterbitkan KTP-el baru 53 orang, sementara sisanya masih dalam proses.

“Mereka sudah punya KTP dari awal. Untuk 11 sisanya sedang proses, tapi sudah perekaman,” terang Kepala Disdukcapil Kota Cimahi, Ipah Latifah saat dihubungi pada Rabu (29/9).

Baca Juga:  Akses Cimahi Menuju Bandung Barat Ditutup Akibat Longsor di Lembang

Ipah mengatakan, kewajiban negara dalam mendata penduduk rentan administrasi kependudukan itu diamanatkan dalam Permendagri Nomor 96 Tahun 2019, yang menyebutkan bahwa kewajiban negara yakni memberikan identitas kepada seluruh penduduk di Indonesia baik WNI maupun WNA yang memiliki kartu izin tinggal tetap (KITAP).

Dikatakan Ipah, pihaknya sudah melayani dokumen kependudukan bagi para transgender sejak sebulan lalu. Untuk persyaratannya sama saja seperti warga lainnya, mengingat mereka merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak mendapatkan dokumen kependudukan.

Baca Juga:  Guru dan Siswa Positif Covid-19, 22 Sekolah di Kota Cimahi Tunda PTM

Pemohon pembuatan KTP sendiri kini dipermudah dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga