Usai Bencana Longsor di Gununghalu, BPBD Minta Masyarakat Waspada

NGAMPRAH – Hujan deras yang terjadi pada Senin (27/9/2021) sekitar pukul 15.30 WIB menyebabkan longsor di daerah Dusun 1 Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebelumnya hanya ada satu titik longsor yang ada di wilayah tersebut. Namun tak berselang lama titik longsor bertambah menjadi empat titik dan mengancam belasan rumah warga, jalan, hingga area persawahan yang berada di bawah tebing titik longsor.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan titik longsor tersebut tersebar di empat kampung yakni Kampung Cikumulah RT 02/02, Kampung Cihaliwung RT 01/02, Kampung Tanjungsari RT 03/01, dan Kampung Cianting RT 04/01, Desa Sindangjaya.

“Total untuk titik longsornya ada empat tersebar di empat kampung. Rumah yang terdampak ada 12 dengan kerugian diperkirakan hampir seratus juta. Tapi tidak ada korban jiwa,” kata Duddy saat dihubungi, Selasa (28/9).

Ia menyebut jika jalan yang terancam longsor tersebut merupakan jalan lingkungan. Hal itu terjadi lantaran tepian jalan terkikis sehingga cukup membahayakan masyarakat setempat.

“Untuk jalan yang terancam itu jalan lingkungan, tapi masih bisa dilalui. Kalau sawah enggak ada yang sampai tertimbun, hanya saluran irigasinya tertutup material longsor,” katanya.

Pihaknya sendiri mengimbau agar warga tetap mewaspadai potensi longsor susulan terutama saat hujan deras kembali mengguyur.

“Kita sudah lakukan pengecekan itu semalam, memang ada potensi longsor susulan apalagi kalau hujan deras. Kita minta warga untuk waspada potensi itu, tapi sampai saat ini tidak ada warga yang harus mengungsi,” terangnya.

Hingga saat ini BPBD KBB baru menerima satu laporan kejadian longsor di tengah pancaroba. “sampai saat ini baru kejadian yang di Gununghalu saja, sisanya nihil laporan,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan