Pemkot Cimahi Cari Penggarap Revitalisasi Stadion Sangkuriang

CIMAHI – Usai lama terbengkalai, proyek revitalisasi Stadion Sangkuriang di Kota Cimahi akhirnya masuk laman lelang. Jika tahapan lelang berjalan lancar dan ditemukan pemenang, kontruksi tahap pertama akan dimulai tahun ini.

Berdasarkan penelusuran Jabar Ekpres dari laman lpse.cimahikota.go.id, nilai pagu paket revitalisasi stadion yang diresmikan 28 Agustus 1974 oleh Gubernur Jawa Barat kala itu, yakni GP Solihin dibekali pagu anggaran Rp 273.745.402.396,87.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja menjelaskan, pagu anggaran yang bersumber dari bantuan Pemprov Jabar tersebut dibagi ke dalam dua tahap. Yakni Rp 110 miliar untuk tahun 2021 dan sisanya sebanyak Rp 163 miliar direncanakan tahun depan.

“Nilai kontrak Rp 275 miliar tapi dibagi dua. Tahun ini Rp 110 miliar tahun depan Rp 263 miliar sesuai bantuan dari Pemprov Jabar,” kata Budi pada Selasa (28/9).

Seperti diketahui, Stadion Sangkuriang merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan janji politik Wali dan Wali Kota Cimahi periode 2017-2022.

Revitalisasi stadion berkapasitas 12.000 ribu penonton itu sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu namun selalu batal lantaran terkendala anggaran. Tahun ini Pemkot Cimahi pun akhirnya mendapat bantuan keuangan dari Pemprov Jabar untuk memperbaiki stadion tersebut.

Budi berharap proses lelang berjalan lancar sehingga kontruksi pembangunannya bisa segera dimulai. “Kalau jadwal itu sampai 20 Oktober itu tuntas (lelangnya). Gak ada perubahan (sesuai rencana),” ujarnya.

Ia menambahkan, pada tahap pertama pembangunan tersebut dimulai pada pengerjaan basement. Pada tahap kedua nanti, berlanjut pada pembangunan tribun dan yang lainnya.

“Dalam pembangunan yang dibagi pada dua tahap tersebut, proses finishing itu di tahun depan,” ucap Budi.

Kepala Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda Kota Cimahi, Iyun Sapta Mulyana membenarkan proyek revitalisasi Stadion Sangkuriang sudah masuk lelang. “Lagi proses pelelangan, sudah tayang,” ucap dia.

Iyun mengatakan, jika berjalan lancar, proses lelang hingga ditetapkan pemenang proyek mencapai sekitar sebulan lebih. Lelang terbuka untuk semua perusahaan yang memenuhi kualifikasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan