Pihak SMA Negeri 1 Rancaekek Membantah Dugaan Siswa Ditolak Belajar

RANCAEKEK – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 telah usai, namun isu hingga pemberitaannya seakan tak pernah menemukan ujung.

Seperti di SMA Negeri 1 Rancaekek. Setelah selesainya PPDB kemarin, dugaan mengenai adanya siswa yang ditolak mengemban ilmu di sekolah meski sudah dinyatakan lulus melalui sistem PPDB 2021 Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat.

Melalui informasi yang dihimpun, siswa tersebut tidak diterima oleh SMA Negeri 1 Rancaekek karena dianggap tidak memenuhi persyaratan.

Ketika dilakukan pengecekan, siswa berinifial NK warga Kecamatan Rancaekek tersebut sudah resmi berstatus lulus di sistem PPDB Disdik Jabar.

Saat dikonfirmasi, pihak sekolah melalui bagian Humas SMA Negeri 1 Rancaekek, Mamat membantah adanya dugaan penolakan siswa tersebut.

“Dianulir bagaimana maksudnya? PPDB udah beres, panitia udah bubar,” kata Mamat melalui pesan singkat, Senin (27/9).

Menurutnya, dugaan tersebut harus jelas diterimanya di sekolah mana, karena kekeliruan mengenai penerimaan siswa sering kali terjadi.

“Atas nama siapa? Gak ada yang dianulir. Orang mana? Biar saya coba cek dulu. Khawatir salah lihat, waktu itu juga ada yang protes seperti itu ternyata masuk pilihan dua,” kata Mamat.

Dugaan mengenai adanya seorang siswa yang ditolak oleh SMA Negeri 1 Rancaekek disebabkan karena yang bersangkutan tidak memenuhi kriteria PPDB 2021 jalur zonasi.

Selain menanyakan nama lengkap dan nomor peserta siswa yang diduga mengalami ketidak adilan, Maman juga meminta bukti mengenai surat pemberitahuan diterima atau tidaknya pelajar tersebut dari sistem PPDB 2021 Disdik Jabar.

Usai diberikan bukti surat pemberitahuan tersebut, Maman mengaku, pihak SMA Negeri 1 Rancaekek tidak melakukan pelanggaran sedikit pun.

“Kalau ini bukti pendaftaran. Status kelulusannya bukan menunjukan bukti diterima status kelulusan untuk persyaratan (lengkap secara administrasi). Zonasinya melebihi zonasi yang diterima, jadi gak keterima (oleh SMA Negeri 1 Rancaekek),” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan