Pemkot Cimahi Gagas Wisata Culinary Night di Terminal Pasar Atas Baru

CIMAHI – Terminal Pasar Atas Baru di Kota Cimahi mulai dilakukan penataan oleh Dinas Perhubungan Kota Cimahi. Penataan dilakukan agar terminal yang berada di kawasan Pasar Atas Baru itu terlihat rapi dan nyaman.

Penataan dimulai dengan mengatur lalu lintas dan parkir. Angkutan umum yang biasanya menaikan dan menurunkan penumpang di luar terminal kini diarahkan masuk ke dalam terminal.

“Penataan yang selama ini banyak angkot ngetem di luar sekarang sudah mulai ditata. Parkiran sudah ditata,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Hendra Gunawan pada Jumat (24/9).

Selain difungsikan sebagai terminal, ke depan pihaknya berencana untuk menyulap Terminal Pasar Atas Baru menjadi sebuah wisata kuliner. Rencana itu sudah disusun dan diharapkan bisa terealisasi sesuai konsep.

Dikatakan Hendra, rencana pembuatan culinary night merupakan bagian dari penataan Terminal Pasar Atas Baru agar terlihat lebih rapi dan nyaman. “Ke depan konsepnya akan dijadikan destinasi wisata culinary night,” ucap Hendra.

Dikatakan Hendra, konsep wisata kuliner di Terminal Pasar Atas Baru sudah dibuat dan akan dibahas bersama unsur pimpinan seperti Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian.

Rencananya, ungkap Hendra, untuk pagi hingga sore terminal akan digunakan untuk menaikan dan menurunkan penumpang angkatan umum. Kemudian sore hingga malam akan disulap menjadi tempat kuliner.

“Konsep sudah ada tinggal dibahas lebih lanjut. Sudah masuk kepada pimpinan konsepnya. Pagi sampai sore terminal, malam untuk culinary night,” ungkap Hendra.

Pihaknya berharap rencana wisata kuliner itu akan terwujud tahun ini. Sebab tak dianggarkan dalam APBD Kota Cimahi tahun 2021, pihaknya akan mencoba memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Selain menyediakan tenda dan roda untuk mengakomodir para pedagang, pihaknya juga membutuhkan dana untuk penataan terminal secara keseluruhan agar terlihat indah dan nyaman untuk dikunjungi.

“Jadi rencananya kita tenda kita sediakan. Kita pasang juga lampu. Jadi ditata serapi mungkin untuk mengakomodir UMKM (kuliner) kalau sore sampai malam. Terus pagi untuk terminal,” pungkasnya. (fey)

Tinggalkan Balasan