Pemkot Depok Terus Dorong Penyandang Disabilitas Jadi Pengusaha Mandiri

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berkomitmen mendorong kaum difabel atau penyandang disabilitas di Kota Belimbing itu agar menjadi pengusaha mandiri.

Komitmen tersebut belakangan mulai direalisasikan melalui pelatihan keterampilan yang diadakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok yang berlokasi di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono alias IBH menjelaskan, menjadikan kaum disabilitas sebagai subjek yang mandiri adalah bagian dari komitmennya bersama Wali Kota.

“Berkaca pada kenyataan yang dialami oleh kaum disabilitas, mereka cenderung mengalami kesulitan untuk bekerja sebagai seorang karyawan. Untuk menjawab problem tersebut, diadakanlah pelatihan seputar pengembangan skill bagi kaum disabilitas. Tujuannya agar mereka lebih mandiri dalam membangun usaha,” katanya, Rabu (22/9).

Pelatihan yang direncanakan akan berlangsung selama tiga hari mulai 21-23 September 2021, dengan jumlah peserta 40 orang itu berasal dari kelompok binaan Dinsos Depok.

Peserta pelatihan diharapkan mampu menyerap ilmu dan keterampilan yang diajarkan oleh para mentor agar pasca dari kegiatan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.

Pihaknya juga mengaku sangat mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut. Bahkan, dirinya berharap agar pelatihan serupa digelar rutin setiap minggu kepada petugas pelayanan di kantor kecamatan dan kelurahan agar dapat berkomunikasi dengan kaum disabilitas.

“Sekali lagi saya mendukung penuh adanya kegiatan semacam ini. Semoga ke depan pelatihan serupa bisa menyasar pada petugas di kecamatan maupun kelurahan,” pungkasnya. (Mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan