oleh

Petinju Filipina Manny “Pacman” Pacquiao Jadi Calon Presiden, Ini Janjinya

FILIPINA – Tinju masih dia geluti. Politik juga dia teruskan. Manny Pacquiao, petinju kebanggaan Filipina, menyatakan diri maju dalam pemilihan umum presiden di negaranya yang bakal dihelat tahun depan.

Dia diusung faksi PDP-Laban. Belum diungkap siapa yang mendampinginya sebagai wakil.

”Saya seorang petarung dan saya akan selalu bertarung, baik di dalam maupun di luar ring,” ujar pria 42 tahun itu dalam pidatonya seperti dikutip AFP.

Partai PDP-Laban saat ini terbelah menjadi dua faksi. Satu mengusung Pacquiao. Faksi lainnya beberapa pekan lalu sudah mencalonkan Rodrigo Duterte sebagai wakil presiden (Wapres) dan senator Christopher Lawrence ”Bong” Go sebagai kandidat presiden.

Berdasar konstitusi di Filipina, Duterte tidak bisa mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Karena itulah, dia mau diusung sebagai Wapres dengan catatan sosok yang menjadi presiden adalah orang dekatnya yang tidak akan menentangnya.

Namun, Bong menolak pencalonan tersebut dan Duterte belum menemukan gantinya. Ada dugaan bahwa putri Duterte, Sara Duterte-Carpio, akan menggantikan posisi Bong. Sara selama ini memiliki basis pendukung yang besar dan popularitasnya cukup tinggi.

Duterte harus tetap menjabat sebagai pejabat negara jika tidak ingin masuk penjara. Dia kini diselidiki Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas kejahatan terhadap kemanusiaan lewat perang narkoba yang diluncurkannya. Saat ini dia bisa mengelak karena menjabat presiden. Jika menjadi orang nomor satu di Filipina, Sara diyakini bisa melindungi ayahnya.

Pacquiao Cukup Populer

Di pihak lain, Pacquiao memiliki popularitas yang juga mumpuni. Dia mengoleksi banyak gelar dari ring tinju. Petinju berjuluk PacMan itu antara lain berhasil mengalahkan Oscar de la Hoya, Ricky Hatton, Miguel Cotto, Erik Morales, dan Marco Antonio Barrera.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga