Ketimbang Pekerja, IBH Seru Generasi Muda Jadi Pengusaha

DEPOK – Bukan tanpa alasan, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau akrab disapa IBH menyeru kepada generasi muda agar merintis dunia usaha dan menjadi seorang pengusaha.

Menurut IBH, terdapat perbedaan cukup kontras antara memilih menjadi pengusaha dan sekadar menjadi seorang buruh atau pekerja atau bahkan pencari pekerjaan.

Perbedaan itu, menurut dia, terletak pada reward (ganjaran) yang diperoleh baik secara sosial maupun secara ekonomi.

“Bagi saya, menjadi seorang pengusaha itu punya prospek yang jauh lebih baik. Mengapa saya katakan demikian, karena dibandingkan menjadi pekerja, seorang pengusaha akan mendapatkan status sosial yang lebih baik (terpandang, terhormat, tertinggi) karena dia akan mempekerjakan pegawainya,” katanya, Selasa (21/9).

Tidak hanya itu, orang nomor dua di Kota Depok itu juga menambahkan, keuntungan lain yang didapatkan seorang pengusaha adalah waktu luang yang jauh lebih banyak daripada menjadi seorang pekerja.

“Pengusaha cenderung memiliki waktu bebas yang digunakannya untuk bersantai, bersilaturahmi, berekreasi, dan seterusnya. Juga, ia memiliki pemasukan yang banyak sehingga mampu mencukupi berbagai kebutuhannya, baik yang primer, sekunder dan juga tersier,” ujarnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar mulai sekarang setiap generasi muda sudah harus mengancang-ancang akan membangun bisnis atau usaha apa untuk ke depan.

“Semua dimulai dari mindset (cara berpikir). Jadi, mindsetnya harus diubah dulu, antara menjadi pengusaha atau hanya ingin jadi pekerja. Setelah itu, action-nya (tindakan nyata). Lalu, konsisten menjaga semangat dan usaha,” pungkasnya. (Mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan