oleh

Manfaatkan Air Rebusan Beras untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Biasanya, Anda pasti akan membuang air cucian beras begitu saja sebelum memasak nasi. Padahal, air beras mengandung banyak sekali manfaat kesehatan, baik untuk tubuh dan kecantikan kulit. Sejumlah penelitian membuktikan air beras mengandung vitamin A, C, dan E, sehingga bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.

Menurut laman Genpi.co, air beras juga mengandung antioksidan ferulic acid yang dikenal dengan sifat anti-penuaannya. Air beras juga mengandung allantoin yang mampu menenangkan dan mempercepat penyembuhan kulit yang terluka. Anda bisa menggunakannya sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Baca Juga:  Stok Beras Cukup, Anggota DPR Harap Pemerintah Tak Impor Beras

Ada dua cara untuk membuat air beras. Pertama, Anda bisa merebus beras dalam air. Rasio yang disarankan adalah setengah cangkir beras dengan 2 cangkir air bersih untuk mendapatkan hasil maksimal dari satu kali rebusan.

Jangan lupa untuk mencuci beras terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran. Setelah mendidih, tuang ke dalam wadah penyimpanan dan bisa Anda menyimpannya kurang lebih seminggu.

Kedua, Anda bisa merendam setengah cangkir beras dalam 2 cangkir air bersih. Rendam beras setelah mencucinya sampai bersih. Setelah beberapa jam, tiriskan beras dan pindahkan air ke cetakan es batu, lalu bekukan. Anda bisa gunakan satu es dan pijat lembut pada wajah setiap pagi. (JPNN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga