oleh

Waspada, BMKG Bandung Sebut 10 Wilayah Ini Rawan Banjir Bandang

NGAMPRAH – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung meminta masyarakat di wilayah Bandung Raya agar mewaspadai potensi bencana hidrometeorologis yang bisa terjadi beberapa waktu kedepan.

Di Kabupaten Bandung Barat setidaknya ada 10 wilayah yang masuk kategori waspada banjir, banjir bandang, hingga longsor di antaranya Gununghalu, Rongga, Sindangkerta, Parongpong, Cisarua, Lembang, Cikalongwetan, Padalarang, Ngamprah, dan Cipatat.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu mengatakan jika Bandung Raya berada di dalam Cekungan Bandung. Cekungan Bandung sendiri dikelilingi oleh banyak gunung dan bukit dengan elevasi mencapai lebih dari 2.000 m di atas muka laut.

Baca Juga:  Belasan Rumah dan Jembatan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Bogor

“Bandung Raya memiliki potensi bencana hidrometeorologi terkait topografi seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu masih ada potensi bencana lainya seperti hujan es dan angin kencang/puting beliung,” ungkap Rahayu saat dihubungi, Rabu (15/9).

Rahayu menyebut musim hujan di wilayah Bandung Raya sendiri diprediksi akan dimulai pada awal Oktober 2021. Sedangkan puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari 2022.

Baca Juga:  Belasan Rumah dan Jembatan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Bogor

“Sifat musim hujan wilayah Bandung Raya diprediksi bersifat Atas Normal (AN). Potensi peningkatan curah hujan yang terjadi diprediksi dapat mencapai antara 20 sampai 40 persen lebih tinggi dari kondisi normalnya,” bebernya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga