Sukses Juarai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Zakkya Akui Semua Butuh Proses Panjang

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok patut berbangga atas pencapaian luar biasa yang diraih Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Bagaimana tidak, Kelurahan Tanah Baru berhasil mempecundangi dua kompetitor lainnya. Yakni Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar dan Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Pengumuman pemenang lomba disampaikan melalui surat langsung dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Menurut penilaian, kemenangan yang diraih Tanah Baru itu memiliki keunggulan dalam beberapa aspek dibandingkan dua rival lainnya.

Lurah Tanah Baru, Zakkya Fauzan mengatakan, dalam sejumlah aspek yang menjadi poin penilaian, program dan inovasi pelayanan menjadi nilai tambah yang membawa Kelurahan Tanah Baru keluar sebagai Juara pertama.

“Apa yang menjadi keunggulan Kelurahan Tanah Baru tak lain, program dan inovasi layanan masyarakat yang tidak sekadar rencana melainkan aksi nyata,” kata Zakkya, Rabu (15/9).

Inovasi Kelurahan Tanah Baru Selama Pandemi

Ia menuturkan, terdapat sejumlah inovasi kebijakan yang dilakukannya selama masa pandemi Covid-19.

“Di bidang kesehatan, kita buatkan Anjella atau Antar Jemput Layanan Gratis untuk Lansia. Program ini sangat membantu masyarakat, utamanya kelompok lansia untuk mendapatkan layanan kesehatan selama masa pandemi,” ujarnya.

Kemudian, ada juga program Pojok Desain dan promosi online (Podespromline) dalam bidang ekonomi. Program ini kata dia, mampu menghadirkan sarana dan prasarana pendidikan pendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pembuatan kemasan dan digitalisasi pemasaran.

“Tidak hanya itu, kami juga menghadirkan inovasi dukungan e-government seperti Sistem Layanan Online Kelurahan dan Kecamatan Kota Depok (SILO), Sistem Informasi Pengelolaan Arsip (SIARSIP) dan portal web kelurahan www.kel-tanahbaru.depok.go.id. yang tentu sangat bermanfaat,” paparnya.

Lalu, yang tak kalah penting lagi terdapat inovasi di bidang pendidikan. Terdapat program Punuk Onta atau Pustaka Nu Normal Kota Depok-Kelurahan Tanah Baru.

“Kebijakan tersebut dimaksudkan sebagai media edukasi dan informasi anak untuk mendukung budaya gemar membaca,” ucapnya.

Semua yang telah dipersembahkan itu, menurut dia, lahir dalam sebuah proses yang tidak instan.

Tinggalkan Balasan