oleh

Antisipasi Kebakaran Serupa Lapas Tangerang, Kanwilkumham Jabar Siapkan Langkah Preventif

BANDUNG – Cegah terjadinya musibah serupa yang menimpa Lapas kelas I Tangerang, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwilkumham) Jawa Barat lakukan langkah-langkah preventif dini deteksi kebakaran sesuai prosedur SOP yang berlaku.

“Untuk melaksanakan apa yang telah diperintahkan oleh Bapak menteri melalui Pak Sekjen dan Pak Dirjenpas, untuk memeriksa kembali kamar-kamar, jumlah hunian, untuk memeriksa kembali bangunan-bangunan lalu juga maintenance-nya untuk memaksimalkan upaya pencegahan jangan sampai terjadi kembali kebakaran di lapas,” ujar Kanwilkumham, Sudjonggo berdasarkan keterangan resmi, Rabu (15/9).

Baca Juga:  DPM-Desa Jabar Akan Dorong Keberadaan Potensi Wisata di Tingkat Desa

Di samping itu, dia juga melakukan kerja sama dengan stakeholder seperti PLN dan Damkar serta penilaian kelayakan bangunan.

Dirinya menghimbau kepada semua UPT untuk berkolaborasi dengan Damkar diwilayahnya masing masing khususnya melakukan pelatihan pelatihan cara dan antisipasi maupun tindakan dini dalam menangani kebakaran gedung.

Over kapasitas menjadi salah satu faktor berdampak pada pemenuhan hak warga binaan bisa saja mempengaruhi ketahanan pengamanan di lapas maupun rutan di Jawa Barat.

Baca Juga:  Ngeri! Kasus Pemalsuan 48 Surat Rapid Antigen dari Jabar Terungkap di Bali

“Lapas di Jawa Barat, ada 33 lapas dan rutan dengan total isi 22.844 WBP, 3.026 seluruh petugas. Walaupun dengan kondisi demikian kami tetap bekerja semampunya dengan disiplin dan menjalankan semuanya sesuai SOP. Selain itu kami pun terus terobosan yang berinovasi,”ujarnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga