Dukung Pemberantasan Narkoba, Pemda KBB Siapkan Sarana Penunjang

PADALARANG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal menyiapkan sarana penunjang yang memadai sebagai langkah pemberantasan narkotika di wilayahnya oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Memang BNN KBB membutuhkan penunjang sarpras saat ini terutama untuk tempat rehabilitasi kemudian tempat penyimpanan barang bukti,” ujar Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, Selasa (14/9).

Ia menambahkan, keberadaan BNN KBB dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba cukup penting dalam menyelamatkan generasi muda dari pengaruh buruk barang tersebut.

“Jangan sampai generasi kita terjerumus kepada narkoba, sehingga bisa mempengaruhi terhadap karakter bangsa kita. Bahkan suatu daerah atau negara bisa gagal generasi atau masyarakatnya banyak yang menggunakan narkoba,” katanya.

Sementara itu, Kepala BNN KBB, AKBP M Julian mengatakan, kendati masih dalam kondisi pandemi Covid-19 peredaran gelap narkotika tidak serta merta berkurang apalagi berhenti. Justru peredarannya malah semakin banyak.

“Yang kemarin kita terakhir tangkap 67,2 gram itu diwilayah KBB. Itu dikirim dari sumatera, jadi ditangkapnya di KM 115. Selain itu ditangkap juga di daerah Lembang. Itu pabrik Pill, nah berarti wilayah KBB ini kan menjadi sasaran para sindikat narkotika,” katanya.

Ia menambahkan, peran nyata Pemkab Bandung Barat dan DPRD KBB yang berperan aktif dan mendukung pemberantasan peredaran narkoba dengan mengeluarkan Perda terkait P4GN.

“KBB ini baru beberapa tahun tapi kita sudah punya Perda, tentang P4GN. Jadi yang lain belum ada, yang sudah lama aja belum tentu punya Perda.Kita sudah disupport oleh DPRD komisi 4.Jadi kita lebih tegas lagi melakukan tindakan-tindakan ini,” katanya.

Yulian menyebut, sebagai upaya preventif pihaknya pun membentuk relawan dan pegiat anti narkoba. Selain itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait bahaya narkoba di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat.

“Anggarannya baru cukup di 7 desa Bersih Narkoba (BERSINAR). Upaya yang dilakukan kita ini memberdayakan potensi masyarakat,” pungkasnya. (Mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan