Teror Lebah Vespa Affinis tengah menghantui warga Kota Cirebon

CIREBON – Teror  lebah Vespa Affinis tengah menghantui warga Kota Cirebon. Sengatan hewan ini mematikan. Karenanya, perlu pencegahan dan penanganan.

Tawon jenis ini merupakan salah satu jenis tawon yang berbahaya dan mampu mematikan manusia dalam waktu singkat.

Lebah vespa Affinis memiliki ciri-ciri, sebagai berikut:

Ukuran kurang lebih 3 centimeter

Memiliki corak hitam dan kuning atau oranye

Warna tawon dominan hitam

Sengatan

Sengatan tawon jenis ini, tidak akan berdampak fatal bila hanya satu atau dua ekor saja. Tetapi dalam jumlah lebih itu, berpotensi menyebabkan gagal jantung, hingga meninggal dunia.

Masalahnya, tawon jenis ini kerap menyerang bukan secara individu. Tetapi berkelompok. Sehingga memiliki potensi bahaya terhadap keselamatan.

Penanganan Sengatan

Untuk yang terkena sengatan tawon jenis ini, agar dilakukan penanganan segera. Bila timbul bengkak dapat dikompres dengan es atau obat-obatan antihistamin dan corticosteroid.

Korban yang terkena sengatan, juga harus segera dilarikan ke fasilitas kesehatan. Bila tidak, dapat terjadi reaksi hiperalergi yang berlanjut menjadi anafilaksis dan bisa menyebabkan organ tubuh serta kematian.

Laporan Damkar

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon, Adam Nuridin mengungkapkan, setiap harinya petugas melakukan penanganan dua hingga tiga sarang tawon vespa.

“Sering kita menangani sarang tawon vespa ini sampai subuh karena cukup banyak dan penanganannya harus hati-hati,” kata Adam, kepada radarcirebon.com, di Obrolan Warung Kopi Waw, yang ditayangkan malam ini, Minggu (12/9/2021) di RCTV.

Diungkapkan dia, penanganan tawon vespa memang harus dilakukan makam hari. Sebab, hewan tersebut dalam kondisi tidak agresif.

Keberadaan sarang ini, semakin banyak dalam beberapa bulan terakhir. Masalahnya, sarang ditemukan tidak hanya di pepohonan, seringkali ada di tiang listrik atau bahkan rumah warga.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Operasi dan Penyelamatan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon, Nurjaman menambahkan, sengatan tawon vespa sangat berbahaya.

“Kalau satu kali sengatan itu mungkin meriang. Tapi itu harus ditangani puskesmas atau rumah sakit. Kalau lebih dari satu sengatan, itu bisa gagal jantung,” tuturnya.

Bagaimana tawon vespa bisa bermunculan di wilayah Kota Cirebon? Nurjaman mengungkapkan, biasanya kemunculan hewan ini di lokasi yang kebersihannya kurang terjaga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan