Pemkot Harapkan Pelatihan E-commerce Mampu Tingkatkan Kapasitas Usaha UMKM

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini sedang menyusun langkah untuk mendorong kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Depok segera naik kelas.

UMKM yang selama ini dipercaya menjadi tulang punggung ekonomi nasional dan daerah ini memang belum mampu berkembang pesat karena beberapa kendala.

Salah satu kendala yang dianggap sangat mencolok adalah penguasaan pasar melalui injeksi teknologi digital, utamanya di era industri 4.0 ini.

Untuk memecah permasalahan tersebut, sejumlah langkah solutif kini mulai diambil baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam hal ini Pemkot Depok.

Pelatihan e-commerce diyakini bakal jadi salah satu solusi untuk mengantarkan UMKM menjadi pelaku pasar yang kompetitif.

“Lewat pelatihan e-commerce diharapkan UMKM mampu meningkatkan pendapatan melalui produk yang dijual,” kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono atau akrab disapa IBH, Senin (13/9).

Dirinya menambahkan, pada era industri digital ini segala sesuatu berkait erat dengan teknologi digital. Termasuk dalam urusan bisnis dan pemasaran produk.

“Orang mulai bermigrasi dari model belanja konvensional ke penggunaan platform digital melalui aneka marketplace yang tersedia secara online. Ini sejalan dengan kian massifnya penggunaan media sosial yang hampir semuanya terintegrasi dengan e-commerce yang ada. Maka itu, melalui pelatihan e-commerce diharapkan menjadi solusi mengatasi kendala utama yang dialami pelaku UMKM saat ini,” bebernya. (Mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan