Vaksin Sinovac Diuji Coba untuk Anak-anak di Lima Negara

JAKARTA – Sinovac Biotech tengah menguji coba vaksin Covid-19 untuk anak-anak dan remaja di beberapa negara. Ini merupakan uji coba global Fase III ditujukan bagi anak-anak usia 6 sampai 17 tahun.

Afrika Selatan merupakan salah satu negara yang menjadi lokasi uji coba Fase III vaksin Sinovac melibatkan mitra lokal, Numolux Group. Uji coba global melibatkan 14.000 peserta juga dilakukan di Cile, Filipina, Malaysia, dan Kenya.

Studi ini bertujuan mengevaluasi kemanjuran, imunogenisitas, dan keamanan vaksin bernama CoronaVac itu pada anak-anak dan remaja.

Regulator obat-obatan Afrika Selatan SAHPRA memberikan persetujuan untuk uji coba Sinovac, di mana anak pertama yang disuntik dilakukan oleh Unit Penelitian Klinis MeCRU Universitas Ilmu Kesehatan Sefako Makgatho, Jumat (10/9/2021).

“Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengevaluasi kemanjuran dua dosis CoronaVac terhadap kasus Covid-19 bergejala yang dikonfirmasi pada anak-anak dan remaja. Kemanjuran juga akan dievaluasi terhadap pasien rawat inap serta penderita Covid-19 yang parah,” bunyi pernyataan bersama Sinovac dan Numolux, dikutip dari Reuters, Sabtu (11/9/2021).

SAHPRA mengeluarkan izin otorisasi bersyarat penggunaan vaksin Sinovac pada Juli. Bulan lalu seorang pejabat senior kesehatan mengatakan, pemerintah sedang mencari informasi lebih lanjut dari Sinovac tentang efektivitas vaksin terhadap varian Delta serta serta penderita HIV.

“Sejauh ini, lebih dari 10,3 juta dari total 60 juta populasi Afrika Selatan (17 persen) sudah mendapatkan setidaknya satu dosis vaksin,” pungkasnya. (Fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan