Kerap Terjadi Macet Akibat Proyek Galian, Begini Tindakan Unit Lantas Polsek Cimanggung

SUMEDANG – Proyek perbaikan drainase di Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang kerap mengakibatkan kemacetan.

Hal itu disebabkan karena separuh bagian jalan tidak dapat digubakan, sehingga banyaknya kendaraan perlu mengurangi kecepatan serta berdesakan apabila melintasi area proyek.

Terkait galian atau proyek perbaikan saluran drainase itu, Kanit lantas Polsek Cimanggung, IPDA Z.U Mamonto mengambil tindakan tegas dengan melakukan pengawasan supaya tidak terjadi macet yang mengular.

“Unit Lantas Polsek Cimanggung, lakukan Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli) guna mengamankan dan memantau arus lalin,” kata Mamonto kepada Jabar Ekspres di Pos Polisi Parakan Muncang, Sabtu (11/9).

Menurutnya, dengan pemantauan hingga pengamanan lokasi perbaikan atau pengerjaan gorong-gorong tersebut perlu dilakukan dengan pembagian waktu.

“Disiagakan anggota dua orang dengan pola waktu. Pagi-pagi, kemudian yang kedua saat bubaran karyawan, kemudian sore hari dan terakhir bubaran karyawan malem,” pungkasnya.

“Gorong-gorong yang crossing dari wilayah hukum Polsek Cimanggung Ke wilayah hukum Polsek Rancaekek Kabupaten Bandung,” tambah Mamonto.

Diketahui, galian drainase di Jalan Raya Bandung-Garut itu tepatnya berlokasi di kilo meter 24 depan Kawasan Industri, PT Dwi Papuri Abadi Cimannggung-Sumedang.

“Lajur Jalan Raya Bandung-Garut, itu lajur A dan B ditutup karena ada proyek penggalian gorong-gorong, jadi yang digunakan hanya lajur C,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Mamonto menjelaskan, lajur C pada Jalan Raya Rancaekek yang tengah digali untuk perbaikan drainase tersebut sepanjang sekiranya 75 meter.

Mamonto menegaskan, anggota Unit Lantas Polsek Cimanggung tetap siap sesuai kondisi guna menjaga sekaligus mengawasi lajur sebagai bentuk antisipasi kemacetan panjang.

“Tetap kondisional, jika tiba-tiba ada kemacetan maka anggota siaga dan langsung terjun ke lapangan. Sampai sekarang dari pantauan arus lalin terpantau cukup lancar, aman dan kondusif,” tutur Mamonto.

Dia berujar, pelaksanaan pengawasan tersebut telah dilakukan Unit Lantas Polsek Cimanggung pada Jumat (10/9) kemarin dan akan berlangsung terus hingga dua bulan ke depan selama proses pengerjaan galian drainase. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan