Turun Signifikan, Kasus Penyebaran Covid-19 di KBB

LEMBANG – Kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus menunjukkan penurunan yang signifikan. Saat ini bahkan KBB berada di zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penularan Covid-19.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan KBB, kasus Covid-19 saat ini mencapai 18.993 kasus. Rinciannya 121 orang masih positif aktif, 18.609 orang dinyatakan sembuh, dan 263 orang dinyatakan meninggal dunia.

Menurunnya kasus Covid-19 di KBB dalam beberapa waktu belakangan juga berdampak pada menurunnya Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19. Saat ini BOR di KBB hanya tersisa 9 persen saja.

“Ketersediaan tempat tidur turun hingga 9 persen dari sebelumnya 95 persen, kemarin-kemarin rumah sakit penuh. Kami berjibaku bagaimana mengatasi kekurangan oksigen, tapi alhamdulillah dengan kerja keras sekarang 9 persen,” kata Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, di Lembang, Kamis (9/9).

Bahkan dia menyebutkan, bahwa situasi pandemi semakin baik di wilayahnya, ditunjukkan dengan pasien positif sekarang yang tersisa kurang dari 200 orang padahal sebelumnya mencapai ribuan.

“Hal ini karena kerja keras satgas di desa, kecamatan serta kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan dan PPKM,” bebernya

Pihaknya amat menginginkan pandemi Covid-19 segera berakhir agar kehidupan masyarakat bisa kembali normal dan ekonomi bangkit. Diakuinya, selama pandemi yang sudah berlangsung dua tahun, pendapatan asli daerah (PAD) Bandung Barat turun hingga 50 persen.

Dampak pandemi mengakibatkan banyak program-program pemerintah harus ditunda. Dirinya mengajak masyarakat tetap optimis dan ujian yang tengah dihadapi cepat berlalu.

“Mudah mudahan pandemi berakhir, semua kembali normal agar ekonomi kembali bangkit. Tidak ada PHK, paling penting PAD desa dan kabupaten kembali seperti sediakala,” jelasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan