Camat Cimanggung Imbau Para Kades Agar Melapor Jika Alami Kekeringan

SUMEDANG – Kemarau semakin terasa, pasalnya Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang alami kekeringan.

Diketahui, wilayah RT03 dan 04, RW11 di Desa Sindanggalih saat ini tengah mengalami kesulitan mendapat air bersih.

Akibatnya, beberapa hari kemarin para warga yang terdampak kekeringan terpaksa harus mengambil air ke RT hingga RW tetangga dengan trayek jalan yang menanjak serta menurun.

Menanggapi hal tersebut, Camat Cimanggung, Dikdik Syeh Rizki mengatakan, untuk desa lain yang ada di wilayahnya masih aman dari kekeringan.

Alhamdulillah masih aman. Mudah-mudahan musim kemarau ini tidak terlalu panjang,” kata Dikdik kepada Jabar Ekspres di Kecamatan Cimanggung, Jumat (10/9).

Menurut Dikdik, apabila musim kemarau ini berkepanjangan alias tidak turun hujan dalam jangka waktu yang lama, dapat berdampak serius bagi warga.

“Akan berdampak pada sumur kering, sehingga masyarakat kesulitan untuk mencari air bersih,” katanya.

Dikdik berujar, sebagai antisipasi kekeringan, maka setiap kepala desa diimbau agar lebih aktif memperhatikan sumber air di wilayahnya masing-masing.

“Para kades (kepala desa) jika mengalami kekeringan atau mulai kesulitan mendapat air bersih, segera melapor ke kecamatan,” imbuhnya.

Hal tersebut ucap Dikdik sangat berguna agar pihak kecamatan mendapat informasi terbaru dalam menghadapi musim kemarau.

Dia menuturkan, melalui pelaporan dari pihak desa, maka nantinya pihak kecamatan akan berkoordinasi langsung dengan PDAM Kabupaten Sumedang Cabang Cimanggung untuk secepatnya mengirimkan air bersih ke wilayah yang mengalami kekeringan.

“Kita antisipasi kalaupun terjadi kekeringan, supaya tidak terlalu lama kesulitan dapat air dan warga tetap bisa menikmati air bersih,” tutup Dikdik. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan