Begini Penjelasan Bappelitbang Kota Bandung Tentang Kemajuan Bandung Timur ke Depan

BANDUNG – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung Anton Sunarwibowo mengatakan bahwa dalam proses pemulihan ekonomi pasca pandemi akan berfokus pada pembangunan di wilayah Bandung Timur, terkhusus wilayah Ujungberung dan Cibiru.

“Mengacu pada Perda No.9 Tahun 2009 dan Perpres No.45 Tahun 2018 bahwa mewujudkan infrastruktur dan tata kota yang baik harus dilakukan,” ujar Kepala Bappelitbang Kota Bandung, Anton Sunarwibowo pada Kamis, (9/9)

Saat ini, Beppelitbang juga melakukan berbagai kajian dan analisa tentang pengadaan kota dengan tata ruang infrastruktur yang baik serta bersih dari banjir dan sampah.

“Untuk itu perlu kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan tata publik yang baik ini,” tambahnya.

Melihat perkembangannya kawasan Bandung Timur sudah sangat maju, pertumbuhan berbagai sarana infrastruktur dan kawasan perumahan sudah sangat pesat. Dengan begitu, penanganan pengawasan dan penataan harus dilakukan.

Dia menilai, jika melihat ke depan, wilayah Bandung Timur akan mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini seiring dengan keberadaan berbagai proyek strategis nasional, seperti Kereta Cepat Bandung Jakarta (KCBJ), Tol Cisumdawu, serta didukung oleh keberadaan perumahan yang memiliki konsep kota mandiri.

Selain itu, infrastruktur penujang lainnya telah dibangun dan sedang dilakukan adalah jembatan layang atau flyover. Menurutnya, sebagai Kota Metropolitan dengan tingkat aktivitas padat, saat ini Pemkot Bandung sudah memiliki Flyover. Keberadaan Flyover sangat membantu arus lalu lintas dalam mengurai kemacetan.

“Beberapa proyek terbangun seperti di Jalan Gatsu, Jalan Jakarta, semuanya sebetulnya milik Pemprov. Kami akan terus berkoordinasi tentang perawatannya. Hal serupa juga akan dilakukan, terkhusus pada fly over di Jalan Kopo, Jalan Kiaracondong dan Buah Batu,” terang Anton.

Menurutnya salah satu yang menjadi tugas bersama adalah pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19, mengingat akan banyak sarana publik yang dibangun, dia berharap baik pemerintah maupun masyarakat mampu memaksimalkan peluang untuk ekonomi.

“Dengan adanya pembangunan-pembangunan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Mengingat wilayah-wilayah seperti Bandung Timur sangat cocok dijadikan destinasi wisata,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan, pembangunan masjid Aljabar akan mampu meningkatkan kebutuhan ekonomi masyarakat. Karena selain menjadi sarana ibadah, masjid tersebut juga akan  menjadi sarana edukasi dan rekreasi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan