Puluhan Ribu Mahasiswa Ikuti Program PMM dari Kemendikbudristek

JAKARTA – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah berjalan sejak April 2021 lalu. Sampai sekarang sudah ada 11.751 mahasiswa yang tergabung dalam program tersebut.

“Sampai hari ini yang telah menjalankan PMM jumlahnya 11.751 mahasiswa, dan kita sudah melibatkan 6.604 dosen,” kata Ketua Pokja PMM, Ilham Makhmud dalam webinar Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Selasa (7/9).

Sementara itu, sebanyak 256 kampus telah terlibat dalam program ini. Meski di tengah pandemi, sebagian besar kampus pun sudah mulai menerima mahasiswa PMM untuk hadir secara langsung.

“Kita melibatkan 256 perguruan tinggi dimana 215 adalah perguruan tinggi yang siap menerima kedatangan adek-adek,” tambahnya.

Namun pihaknya juga tidak memaksa agar PMM digelar secara offline. Masalahnya kegiatan perkuliahan ini perlu tetap memperhatikan level dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Adapun, Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nizam mengatakan bahwa program ini menjadi modal bagi mahasiswa untuk meningkatkan kebhinekaan.

(Jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan