Sampah Menumpuk di Aliran Sungai Cikapundung, Begini Respon Oded

BANDUNG – Aliran sungai Cikapundung, Jl. Laswi, Kota Bandung dibanjiri tumpukan sampah. Tak hanya itu, sampah juga memadati areal sungai hingga membuat sungai bertambah keruh. Tampak volume sampah plastik pun begitu memadati permukaan sungai.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, memberikan responnya.

“Tentang sampah di sungai di Kota Bandung, salah satunya di Jalan Laswi saya mengimbau kepada warga Kota Bandung khususnya tolong agar betul-betul memperhatikan lingkungan, khususnya jangan buang sampah ke sungai,” ucap Oded kepada wartawan, Senin (6/9).

Bahkan, sampah yang menumpuk tersebut juga menyebabkan bau tak sedap yang menggangu masyarakat apalagi para pengguna jalan.

“Saya berharap masyarakat mau memperhatikan lingkungan, jangan terus-terusan membuang sampah ke sungai. Saya mengajak kepada seluruh warga kota Bandung untuk memelihara sungai karena kalau tidak kita jaga sungainya akan banyak sampah dan khawatir akan datang malapetaka,” tambahnya.

Sementara itu, mengatasi hal demikian, dirinya terus berupaya bersama pihak Citarum Harum untuk menjaga dan melestarikam sungai.

Adapun, dikabarkan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, bakal datang pada Selasa (7/9) besok, untuk memantau program Citarum Harum bersama para kepala daerah di Kota Bandung.

“Pak Luhut mau lihat sejauh mana Program Citarum Harum,” sambungnya.

Menyoal penumpukan sampah, Oded segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait, khususnya Dinas Perencanaan Umum (DPU) untuk segera melakukan pengerukan di areal sungai Cikapundung. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan