Hari Pertama Gebyar Vaksinasi, Ratusan Warga Cipayung Depok Antusias Daftar Vaksin

DEPOK – Masyarakat Kota Depok cukup antusias menyambut program Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang kini sedang disemarakan di setiap kecamatan.

Di Kecamatan Cipayung, misalnya, pada hari pertama digelar, ratusan warga setempat langsung berbondong-bondong mendaftar agar bisa ikut dalam kegiatan vaksinasi massal itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipayung, Hasan Nurdin mengatakan, sejak dibuka pada hari pertama jumlah warga yang mendaftar sebanyak 655 orang.

Angka tersebut memang masih sesuai dengan target 700 orang untuk hari pertama. Namun, target akan terus ditingkatkan pada hari berikutnya menjadi 1.000 peserta setiap harinya.

“Ini di luar perkiraan kami bahwa ternyata warga cukup antuasias menyambut kegiatan ini. Meski begitu, dari jumlah tersebut hanya 628 yang lolos pemeriksaan kesehatan dan berhak divaksin,” kata Hasan, Kamis (2/9).

Menurutnya, jika kegiatan ini sukses berjalan maka bukan mustahil target mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok akan segera terwujud.

“Dengan demikian penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan perlahan kita akan menuju kondisi normal (baru) tanpa perlu dihantui rasa takut oleh kehadiran virus (Covid-19) ini,” ujarnya.

Dia kembali menjelaskan bahwa calon penerima vaksin yang belum berhasil berpartisipasi setelah mendaftar karena beberapa hal.

“Dari mereka yang belum lolos vaksin setelah pemeriksaan kesehatan, ada yang karena tekanan darah tinggi, kemudian ada juga yang berstatus sebagai penyintas yang belum tiga bulan, suhu tubuh tinggi, dan karena penyakit auto imun,” ucapnya.

Selain itu, menurut dia, ada juga yang mengalami masalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) belum tervalidasi di Dinas Kependudukan dan PencatatanSipil (Disdukcapil). (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan