Skema Anggaran Revitalisasi Stadion Sangkuriang Tetap Andalkan Bantuan

CIMAHI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan kembali bantuan revitalisasi Stadion Sangkuriang lanjutan tahun 2022 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Kepala Bappeda Kota Cimahi, Husein Rachmadi mengatakan, permohonan bantuan untuk revitalisasi stadion terbengkalai itu sudah masuk pembahasan Pemprov Jabar. Namun keputusan akhirnya tetap harus menunggu Pemprov Jawa Barat.

“Rencananya diajukan bantuan lagi sampai tuntas. Dalam pembahasan dari Pemprov Jabar masih masuk skema bantuan tahun depan,” kata Husein, Rabu (1/9).

Seperti diketahui, untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang itu setidaknya Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi membutuhkan anggaran sekitar Rp 273 miliar lebih. Tahap pertama rencananya akan dilaksanakan tahun ini.

Bantuan anggaran yang sudah dikucurkan dari Pemprov Jabar melalui skema Pemilihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp 110 miliar. Meskipun hingga saat ini proses lelangnya belum nampak di laman resmi lpse.cimahikota.go.id.

Husein menjelaskan, pihaknya sangat mengandalkan bantuan untuk memperbaiki stadion yang sudah berusia 47 tahun itu. Sebab jika mengandalkan kas daerah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat kecil kemungkinannya.

“Kalau memakai skema PAD Cimahi sepertinya tidak memungkinkan,” ucap Husein.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi Budi Raharja mengungkapkan tahap pertama pembangunan tersebut dimulai pada pengerjaan basement. Pada tahap kedua nanti, berlanjut pada pembangunan tribun dan yang lainnya.

“Dalam pembangunan yang dibagi pada dua tahap tersebut, proses finishing itu di tahun depan,” kata Budi.

Proses tahapan lelang fisik revitalisasi stadion bersejarah itu diperkirakan memakan waktu sekitar sebulan. Artinya, jika pekan depan dokumen lelang masuk, maka pertengahan September akan ada pemenang tender jika sesuai jadwal.

“Lelang paling lama sebulan. Mudah-mudahan pertengahan Agustus sudah ada pemenang lelang, jadi bisa dimulai (fisik),” sebut Budi.

Kendati luas lahan Stadion Sangkuriang Cimahi terbatas, kata Budi, secara desain pembangunan nantinya tetap mengacu konsep stadion modern.

“Dari sisi lahan kan (Stadion Sangkuriang) terbatas hanya 12.000 meter dan kapasitas tribun penonton untuk 5000 orang. Nanti juga ada lapangan basket outdoor,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan