oleh

Meski KBB Masuk Zona Kuning Covid-19, PPKM Level 3 Masih Diterapkan

NGAMPRAH – Setelah sempat bertahan cukup lama di zona oranye atau daerah risiko sedang penyebaran Covid-19, kini Kabupaten Bandung Barat (KBB) berada di zona kuning atau daerah dengan risiko rendah penyebaran Covid-19.

Sekretaris Satgas Covid-19 Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan masuknya KBB ke zona kuning karena terjadinya penurunan kasus Covid-19 yang cukup signifikan dalam beberapa pekan belakangan terutama selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga:  Waspadai Potensi Gempa Sesar Lembang, Pemda KBB Bentuk Rencana Kontijensi

“Alhamdulillah untuk sekarang KBB masuk di zona kuning atau risiko rendah, itu berdasarkan hasil evaluasi Pemprov Jabar. Indikatornya itu ya penurunan kasus,” ujar Duddy kepada wartawan, Rabu (1/9).

Faktor lain yang turut andil yakni Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 yang juga terus menurun. Saat ini BOR di Bandung Barat mencapai 23,6 persen. Padahal beberapa bulan sebelumnya BOR di Bandung Barat pernah mencapai titik tertinggi yakni 90 persen lebih.

Baca Juga:  Cegah Gelombang Ketiga Covid, PHRI KBB Ingatkan Wisatawan dan Pengelola Obwis

“Untuk BOR juga menurun karena diikuti penurunan kasus. Saat ini mulai banyak tempat tidur kosong di rumah sakit rujukan Covid-19,” terangnya.

Kendati kini Bandung Barat ada di zona kuning namun tetap melaksanakan PPKM Level 3 merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 38 tahun 2021 sebagai upaya menekan kasus Covid-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga