Budidaya Lele Miliki Peluang Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

DEPOK – Banyak bisnis mengalami jatuh bangun imbas dari pandemi Covid-19. Bahkan tak sedikit yang kolaps dan tak pernah bangkit kembali.

Meski begitu, terdapat beberapa jenis usaha yang terbilang tahan banting meski pandemi menghadang. Salah satu di antara jenis usaha yang tahan pukulan ini adalah bisnis budidaya ikan lele.

Budidaya ikan lele memang gemar dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, utamanya di pulau Jawa. Namun, meski memiliki peluang bisnis cukup menjanjikan, tak banyak yang benar-benar mengambil peluang tersebut.

Padahal, kalau dilihat dari aspek usaha, baik cost (biaya), waktu, kelebihan dan keuntungan (profit) bisnisnya dapat dikatakan punya prospek yang bagus.

Bagaimana tidak, budidaya ikan lele termasuk salah satu usaha yang terbilang murah dan mudah. Ini bisa dilihat dari harga pasaran bibit ikan lele yang berada di kisaran Rp 500 atau di bawa Rp 1.000 tergantung ukurannya.

Di samping itu, pangsa ikan lele yang terbilang cukup besar karena hampir di seluruh rumah makan, warteg hingga restoran menyajikan menu ikan lele dengan segala jenis sajian tergantung selera konsumen.

Kelebihan lain yang didapatkan dari bisnis ikan lele adalah kemampuan bertahan ikan lele yang bisa hidup di mana saja, bahkan di tempat yang kotor sekalipun. Ikan lele juga terkenal miliki kekebalan tubuh yang luar biasa sehingga tahan terhadap penyakit.

Atas pertimbangan prospek bisnis tersebut Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono alias IBH mengajak warga Depok agar memanfaatkan peluang bisnis budidaya ikan lele ini.

“Budidaya lele bisa dijadikan alternatif usaha di masa pandemi Covid-19. Sebab, usaha ini memiliki peluang bisnis cukup baik bahkan di tengah pandemi sekalipun,” kata IBH.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, kata dia akan terus memberikan support kepada penggiat ekonomi agar pertumbuhan ekonomi di Kota Depok terus bergeliat.

“Kita tahu bahwa saat ini banyak warga yang kesulitan karena kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) akibat pandemi. Untuk itu, setiap usaha yang punya peluang positif harus dapat dimanfaatkan sebisa mungkin,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan