Boleh Gelar PTM, Pemkot Bandung Sudah Siapkan Pedoman Teknisnya

BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna meyebut bahwa untuk pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sudah bisa mulai digelar kembali.

Hal tersebut juga, menurut Ema, tertera dalam regulasi Instruksi Mentri Dalam Negri (Inmendagri) terbaru, bahwa sudah diperbolehkan jika kondisinya sudah memasuki level 1, 2, dan 3.

“Kan regulasi Inmendagri-nya seperti itu, dan kemudian Mentri Pendidikan juga sudah memperbolehkan selama sudah masuk di level 1, 2, dan 3. Kita ini Alhamdulillah sudah di level 3 dan termasuk yang sudah diperbolehkan,” ucapnya di Balai Kota Bandung, pada Kamis (26/8).

Menanggapi izin itu, dia mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk pedoman teknis terkait dengan pelaksanaan PTM di Kota Bandung

“Kita juga sudah jauh-jauh hari sudah membentuk pedoman teknis sebagaimana penyelenggaraan apabila PTM itu dilaksanakan,” katanya.

“Sekarang saya lihat Pak Kadisdik (Hikmat Ginanjar), sudah melakukan persiapan dan langkah-langkah yang tentunya itu mereka sudah mengatur waktu bahwa ‘bulan September seperti apa?’ dan ‘Oktober seperti apa?’ Jadi semacam roadmap,” tambahnya.

Ema melanjutkan bahwa jika nantinya ada kemungkinan dalam waktu dekat PTM akan dilaksanakan, pelaksanaannya ada di pihak Dinas Pendidikan.

“Kalau regulasinya sebetulnya sekarang sudah ada, tapi kalau pelaksanakan itu Disdik yang sebagai pelaksana,” ucapnya.

Namun disinggung soal akan ada simulasi kembali, Ema mengatakan tidak perlu ada lagi. Sebab, hal tersebut sudah tertuang dalam pedoman yang ditandatangani langsung oleh dirinya

“Untuk simulasi, saya pikir gak perlu diulang, karena sudah tertuang di pedoman yang saya tandatangani,” ujarnya.

Sementara itu, ia juga mengatakan, jika untuk vaksinasi menjadi persyaratan saat pelaksanaan PTM, Ema menilai isu vaksinasi dan lain-lain tidak bisa dihadirkan dalam pedoman.

“Jadi saya pikir kalau vaksinasi menjadi syarat utama maka PAUD dan SD belum bisa gelar PTM karena belum jadi bagian sasaran vaksin. Anak dibawah 12 tahun pun belum divaksin. Jadi intinya kita ikuti Inmedagri dan posisi kita di level 3 itu sudah boleh (melaksanakan PTM),” pungkasnya. (Mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan