Banyak Warga Madagaskar Alami Kelaparan Akibat Perubahan Iklim

JAKARTA – PBB mengatakan, bahwa Madagaskar terancam mengalami “kelaparan akibat perubahan iklim” pertama di dunia. Menurutnya, puluhan ribu orang di Madagaskar sudah menderita kelaparan pada tingkat ‘bencana’ setelah empat tahun hujan tak turun di negara itu.

Kekeringan terburuk dalam empat dekade itu telah menghancurkan komunitas pertanian yang terisolasi di Madagaskar. Situasi ini membuat keluarga di Madagaskar mengais serangga untuk bertahan hidup.

“Ini adalah kondisi seperti kelaparan dan didorong oleh iklim bukan konflik,” kata Shelley Thakral dari Program Pangan Dunia PBB (WFP) sebagaimana dilansir BBC, Rabu (25/8).

PBB memperkirakan bahwa 30.000 orang saat ini mengalami tingkat kerawanan pangan tingkat lima, yang tertinggi yang diakui secara internasional.

Selain itu ada kekhawatiran jumlah orang yang terdampak dapat meningkat tajam ketika Madagaskar memasuki “musim paceklik” tradisional sebelum panen.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Orang-orang ini tidak melakukan apa pun untuk berkontribusi pada perubahan iklim. Mereka tidak membakar bahan bakar fosil, namun mereka menanggung beban perubahan iklim,” kata Thakral.

Di desa terpencil Fandiova, di Distrik Amboasary, sebuah keluarga baru-baru ini menunjukkan belalang yang mereka makan kepada tim WFP yang berkunjung.

“Saya membersihkan serangga sebaik mungkin, tetapi hampir tidak ada air,” kata Tamaria, ibu empat anak.

“Anak-anak saya dan saya telah makan ini setiap hari selama delapan bulan karena kami tidak punya apa-apa lagi untuk dimakan dan tidak ada hujan untuk memungkinkan kami memanen apa yang telah kami tabur,” tambahnya.

“Hari ini kami sama sekali tidak punya apa-apa untuk dimakan kecuali daun kaktus,” kata Bole, ibu tiga anak, duduk di tanah yang kering.

Dia mengatakan suaminya baru-baru ini meninggal karena kelaparan, begitu pula tetangganya, meninggalkan dia dengan dua anak lagi untuk diberi makan.

“Apa yang bisa saya katakan? Hidup kami adalah tentang mencari daun kaktus, lagi dan lagi, untuk bertahan hidup,” imbuhnya

Meskipun Madagaskar sering mengalami kekeringan dan sering dipengaruhi oleh perubahan pola cuaca yang disebabkan oleh El Niño, para ahli percaya bahwa perubahan iklim dapat dikaitkan secara langsung dengan krisis saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan