Bupati Bandung Ajak Kader Partai Jadi Agen Edukasi Politik

SOREANG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengajak seluruh kader partai politik, untuk menjadi agen pemerintah dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan bupati, usai membuka acara Pendidikan Bagi Kader Partai Politik Tingkat Kabupaten Bandung di Soreang, Senin (23/08).

“Pendidikan politik ini harus berisi tentang pemahaman dan edukasi kepada para kader, supaya mereka paham tugas dan fungsinya masing-masing. Jangan ada suatu kelompok yang membawa kepentingan pribadi, yang berimbas negatif kepada nama besar partai,” ungkap Dadang di sela acara yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung ini.

Menurutnya, pendidikan politik bukan hanya tentang berapa kursi yang ada pada badan legislatif. Akan tetapi bagaimana menumbuhkembangkan rasa solidaritas, komitmen terhadap kelompok masyarakat yang tidak berdaya, dan kemampuan melawan ketidakadilan.

Pria yang akrab disapa Kang DS itu menuturkan, fasilitasi Pemkab Bandung dalam membina para kader, adalah bagaimana cara membangun sinergitas di antara pemerintah dengan partai politik.

“Saya berharap peran Kesbangpol akan membangun keharmonisan antara pemerintah dengan partai politik, serta menumbuhkan loyalitas kader terhadap partainya,” harapnya didampingi Kepala Badan Kesbangpol Iman Irianto.

Kang DS menyebutkan, ada lima langkah besar dalam membangun loyalitas kader terhadap partainya. Di antaranya menanamkan idelogi partai secara mendalam, memberikan dukungan penuh kepada sesama anggota, membentuk jaringan anggota yang representatif, menyelenggarakan program pembinaan anggota secara berkelanjutan dan memberdayakan kader di tengah masyarakat.

“Jika kelima hal tersebut diberlakukan, saya optimis, loyalitas kader terhadap partai akan terbentuk dengan baik.” pungkas Kang DS. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan