Distribusi Oksigen Bagi Warga Jabar Sekarang Jadi Cepat dengan Fitur OMAT

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa barat kini memiliki fitur OMAT (Oksigen untuk Masyarakat Jabar) agar masyarakat bisa dengan simpel dan cepat mendapatkan oksigen.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan fitur OMAT pada Pikobar dibuat untuk membantu distribusi bantuan oksigen di Jawa Barat agar semakin cepat tersalurkan dan tepat sasaran.

“Hal ini penting sekali di waktu terdesak seperti ini. Aplikasi Poskibar untuk ketersediaan di rumah sakit, dan OMAT untuk masyarakat khususnya pasien isolasi mandiri,” ujar Emil-sapaan Ridwan Kamil.

Emil menjelaskan fitur itu merupakan tambahan pada Pikobar untuk menggalang partisipasi warga supaya meminjamkan tabung oksigen kepada masyarakat Jawa Barat yang tengah melakukan isolasi mandiri.

“Tentunya, hal ini sangat baik di mana wargi Jabar dapat saling bantu di masa yang sulit seperti ini,” ujarnya.

Salah seorang warga bernama Lia Nurhayati mengakui sangat terbantu atas fitur tersebut. Dia menceritakan pada saat itu kondisi kakaknya sangat mengkhawatirkan karena alami sesak napas.

Di tengah kepanikan, Lia berusaha mencarikan oksigen melalui informasi yang beredar terkait tempat pengisian ulang oksigen. Sayangnya, tempat-tempat pengisian oksigen yang dia cari mengalami kekosongan oksigen.

“Saya sampai bilang ke semua teman, saudara-saudara barangkali ada informasi di mana saya beli oksigen saya tunggu informasinya. Akhirnya sehari kemudian saya mendapatkan itu dari temen. Saya dapat dua tabung dan kakak saya yang awalnya hampir dibawa ke RS karena saturasi oksigen menurun dapat terselamatkan,” ujarnya.

Diakui Lia, saat itu dia sangat khawatir, takut ada terjadi perburukan keadaan. Pasalnya, saat itu tingkat kematian warga isoman cukup tinggi karena telat penanganan ketika alami gangguan pernapasan.

“Alhamdulillah akhirnya keluarga saya sehat kembali,”ujarnya. (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan