Catat, 4 Essential Oil untuk Kembalikan Stamina Penyintas Covid-19

JAKARTA – Minyak esensial atau essential oil menjadi tren semenjak pandemi virus Korona merebak. Minyak esensial ini diyakini dapat membantu meningkatkan stamina serta dapat menjaga kesehatan.

Apalagi, aroma yang dikeluarkan oleh minyak esensial ini memberikan efek psikologis orang yang menghirupnya. Mulai dari meredakan gejala penyakit hingga memberikan efek relaksasi. Maka para penyintas Covid-19 diharapkan bisa lebih pulih staminanya usai sembuh dengan dibantu minyak esensial.

Dalam keterangan resmi Bonnels, Kamis (19/8), minyak esensial memberikan beberapa manfaat pada saat melakukan isoman atau penyintas Covid-19 dalam memulihkan stamina. Berikut daftar 4 essential oil untuk memulihkan stamina penyintas Covid-19.

 

  1. Eucalyptus Oil

Eucalyptus oil memiliki potensi antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan dekongestan, yang dapat membantu meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sinusitis.

Menurut jurnal penelitian dari Peneliti Universitas Gadjah Mada Rini Pujiarti, Ph.D, bahan aktif dalam Eucalyptus yang berpotensi sebagai anti-Covid-19 adalah 1,8-cineole atau eucalyptol. Merupakan komponen kimia utama minyak atsiri kayu putih yang memiliki bio-aktivitas sebagai antivirus.

Brand Manager Bonnels Cicilia Elisabeth mengatakan, manfaat eucalyptus oil salah satunya adalah membantu melegakan pernapasan dan membantu proses pemulihan bagi penderita anosmia, yang merupakan salah satu gejala yang dimiliki sebagian penderita Covid-19.

Ada juga yang mengatakan bahwa setelah menggunakan campuran eucalyptus oil dan peppermint oil, dahak dan lendir yang berlebihan berangsur-angsur keluar, sehingga pernapasan terasa lebih plong.

 

  1. Peppermint Oil

Peppermint oil juga memiliki manfaat yang dapat membantu melegakan pernapasan karena menthol dalam peppermint bertindak sebagai ekspektoran yang dapat mengeluarkan lendir dan mengurangi sumbatan. Selain itu peppermint oil dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, meredakan flu dan pilek serta sakit kepala dan migrain.

 

  1. Lemon Oil

Lemon oil memiliki berbagai macam manfaat diantaranya adalah membantu meredakan sakit tenggorokan, pilek, menenangkan pikiran dan mengobati rasa nyeri. Lemon oil juga diketahui dapat mendukung drainase limfatik dan membantu Anda mengatasi demam dengan cepat. Selain mengandung antimikroba dan antioksidan, lemon oil juga bersifat anti radang yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tinggalkan Balasan