Tak Ingin Kena Macet di Parakan Muncang? Hindari Pergi di Waktu Ini

SUMEDANG – Kemacetan panjang kerap terjadi di Jalan Raya Parakan Muncang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Sebagai pemecahan masalah, pihak Polsek Cimanggung Unit Lantas lakukan rekayasa lalin guna meminimalisir kemacetan agar tidak semakin memanjang.

Kanit Lantas Polsek Cimanggung, Aiptu A Suherman mengatakan, untuk melancarkan kepadatan arus lalu lintas pihaknya berikan tindakan menahan kendaraan-kendaraan besar.

“Kita tahan sementara kendaraan seperti truk atau mobil pengangkut barang, biar kendaraan motor dan mobil pribadi maju dulu,” kata Suherman kepada Jabar Ekspres saat ditemui di Pos Lantas Parakan Muncang, Rabu (18/8).

Penahanan sementara kendaraan truk itu, dijelaskan Suherman karena kemacetan timbul dari berbagai faktor, salah satunya di persimpangan pasar Parakan Muncang.

“Jadi macet selain karena kalau sore banyak kendaraan pabrik bawa barang, truk dan kendaraan besar lainnya, juga karena persimpangan di pasar,” ucap Suherman.

Menurutnya, selain wilayah pasar Parakan Muncang selalu dipadati oleh para pedagang serta warga yang berniaga, keluar-masuknya kendaraan di persimpangan cukup membuat arus lalu lintas tersendat.

“Jadi gak lancar, ruas jalan udah penuh ditambah keluar masuk kendaraan jadinya makin padet,” imbuh Suherman.

“Kita ambil cara bertindak tahan beberapa menit kendaraan besar supaya di titik pasar lancar dulu, baru kita persilahkan truk melanjutkan perjalanan,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Suherman menuturkan, setiap pukul 16.00 hingga 17.00 WIB, wilayah Jalan Raya Parakan Muncang selalu mengalami peningkatan volume kendaraan.

“Pabrik-pabrik, terus bubaran pekerja, ditambah pengendara lain yang lewat pasar, jadi otomatis macet. Kalau kita gak rekayasa lalin bisa mengular panjang dan lama itu macetnya,” tutup Suherman. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan