Perpustakaan Kelurahan Cikundul Sukabumi, Wakili Jabar Maju ke Tingkat Nasional

Oleh : Ateng Kusnandar Adisaputra*

Setelah melalui penilaian dari ortofolio aspek : kelembagaan perpustakaan, gedung/ruang, tenaga pengelola, koleksi, layanan, anggaran, kerjasama, promosi, kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat, wawancara, dan peninjauan lapangan, Tim Juri Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, melalui Berita Acara No. 343/PUS.05.01/BPBGM, tanggal 29 Juli 2021, telah menetapkan Perpustakaan Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi sebagai Juara Pertama Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, Asep Saeful Rohman (Dosen Fikom Unpad), menjelaskan kelebihan Perpustakaan Kelurahan Cikundul dibandingkan dengan perpustakaan desa/kelurahan lainnya adalah memiliki gedung perpustakaan tersendiri terpisah dengan gedung kelurahan, dukungan anggaran perpustakaan yang cukup besar, telah melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak, dan implementasi perpustakaan berbasis iklusi sosialnya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Lurah Cikundul Agus Heryanto sebagai penanggungjawab perpustakaan merasa bangga bahwa Perpustakaannya bisa keluar sebagai Juara Pertama Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Beliau mengatakan hal ini berkat dukungan dan perhatian juga dari Bapak Walikota Sukabumi yang terus menerus memberikan pembinaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi menyampaikan empat tujuan dari Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

Pertama : mengapresiasi daerah yang mampu mewujudkan perpustakaan umum desa/kelurahan yang memenuhi standar nasional perpustakaan secara taat azas, profesional, dan mampu memberikan pelayanan prima kepada pemustaka.

Kedua : memotivasi peningkatan kinerja perpustakaan dalam melayani dan memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat kelurahan.

Ketiga : meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat belajar mandiri masyarakat dalam meningkatkan keterampilan, wawasan dan inovasi dalam kehidupannya.

Keempat : mendapatkan perpustakaan desa/kelurahan terbaik yang dapat menjadi model perpustakaan bagi desa/kelurahan lain dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Selanjutnya Ahmad Hadadi mengatakan penetapan Perpustakaan  Kelurahan Cikundul sebagai Juara Pertama ditetapkan dengan Keputusan No. 155/PUS.05.0103/KEP-Dispusipda/2021, tanggal 29 Juli 2021.

Tinggalkan Balasan